ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK MUAMALAT INDONESIA (studi pada nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Surabaya)

DEFTYAN HADI PRATITA, 041014084 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK MUAMALAT INDONESIA (studi pada nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 75-17 Pra a.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Indonesia terutama di Kota Surabaya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis faktor eksploratori. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Surabaya. Jumlah sampel pada saat pre eliminary test dengan melakukan focus group discussionsebanyak 10 orang nasabah, dan untuk main test dibutuhkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada delapan faktor yang berpengaruh pada keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Indonesia. Delapan faktor tersebut sebagai hasil reduksi dari proses pengolahan analisis faktor. Kedelapan faktor tersebut dinamai faktor penyedia layanan, persepsi normatif, kejelasan informatif, proses transaksi, nilai syariah produk, referral, kesesuaian lingkungan dan layout design kantor. Saran bagi Bank Syariah, memperbarui sarana prasaran yang menjadi salah satu daya tarik nasabah dan meningkatkan tampilan fitur mobile-banking Bank Muamalat Indonesia. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menguji faktorfaktor yang terbentuk dan ditambahkan variabel baru yaitu penetapan nisbah yang berpengaruh terhadapat keputusan menabung di BMI. peneliti selanjutnya yang kedua dapat menguji faktor-faktor yang terbentuk dan mempengaruhi variabel lain yaitu keputusan nasabah BMI menggunakan produk selain tabungan dari BMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 75/17 Pra a
Uncontrolled Keywords: keputusan nasabah, Bank Syariah, Bank Muamalat Indoneisa, analisis faktor
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ6603-7390 Customs administration
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
DEFTYAN HADI PRATITA, 041014084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Herianingrum, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Aug 2017 16:54
Last Modified: 30 Aug 2017 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item