ABNORMAL RETURN, VARIANCE RETURN, DAN BOOK TO MARKET RATIO PADA PERUSAHAAN YANG MEMBERIKAN SAHAM BONUS DAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMBERIKAN SAHAM BONUS (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEI)

Fesgy Nuvianto, 040419007 (2011) ABNORMAL RETURN, VARIANCE RETURN, DAN BOOK TO MARKET RATIO PADA PERUSAHAAN YANG MEMBERIKAN SAHAM BONUS DAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MEMBERIKAN SAHAM BONUS (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BEI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nuviantofe-22075-b250-11-k.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-nuviantofe-19030-b250-11-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi mengenai pengumuman saham bonus tentu saja memberikan isyarat positif dan negatif bagi pemegang saham maupun calon investor yang dicerminkan oleh reaksi harga di pasar setelah adanya pengumuman tersebut. Akibat adanya isyarat negatif, investor akan menjual saham yang dimilikinya sehingga harga saham akan semakin menurun. Jika investor menganggap pengumuman saham bonus sebagai isyarat positif maka investor akan membeli saham, sehingga terjadi kenaikan harga saham. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adanya abnormal return (reaksi pasar) di sekitar pengumuman saham bonus pada perusahaan yang memberikan saham bonus dan yang tidak memberikan saham bonus tahun 2007 dan 2008 ; (2) untuk mengetahui pengaruh varians return perusahaan non saham bonus, book to market ratio non-saham bonus dan abnormal return perusahaan saham bonus terhadap abnormal return perusahaan non saham bonus dalam industri yang sama. Penelitian ini menggunakan 12 perusahaan yang mengumumkan saham bonus secara berturut-turut tahun 2007 dan 2008 dan 12 perusahaan yang tidak mengumumkan saham bonus pada industri yang sama berdasarkan total asset yang hampir sama dengan perusahaan yang mengumumkan saham bonus. Untuk menghitung abnormal return di sekitar pengumuman saham bonus digunakan periode event window lima hari sebelum tanggal pengumuman (H-5) dan lima hari setelah tanggal pengumuman (H+5). Untuk memperoleh expected return periode event window digunakan 60 hari periode estimasi. Untuk mengetahui adanya abnormal return di sekitar pengumuman saham bonus pada perusahaan yang memberikan saham bonus dan yang tidak memberikan saham bonus tahun 2007 dan 2008 digunakan análisis one sampel t test. Untuk mengetahui pengaruh varians return perusahaan non saham bonus, rasio buku terhadap pasar nonsaham bonus dan abnormal return perusahaan saham bonus terhadap abnormal return perusahaan non saham bonus dalam industri yang sama digunakan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan : (1) terdapat abnormal return (ada reaksi pasar) di sekitar tanggal pengumuman saham bonus pada perusahaan pemberi saham bonus tahun 2007 dan 2008 ; (2) tidak terdapat abnormal return (tidak ada reaksi pasar) di sekitar tanggal pengumuman saham bonus pada perusahaan non saham bonus tahun 2007 dan 2008 ; (3) varians return perusahaan non saham bonus dan book to market ratio berpengaruh positif terhadap abnormal return perusahaan non saham bonus dalam industri yang sama ; (4) abnormal return perusahaan saham bonus tidak berpengaruh positif terhadap abnormal return perusahaan non saham bonus dalam industri yang sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 250/11 Nuv a
Uncontrolled Keywords: EXPECTED RETURN; ABNORMAL RETURN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Fesgy Nuvianto, 040419007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoni Budiardjo, Dr., SE., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Feb 2012 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 03:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item