PEMODELAN HARGA BAWANG MERAH DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS INTERVENSI DAN DETEKSI OUTLIER (Studi Kasus di BULOG Divre Jatim)

PUTRI PERMATASARI, 081211833004 (2016) PEMODELAN HARGA BAWANG MERAH DI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN ANALISIS INTERVENSI DAN DETEKSI OUTLIER (Studi Kasus di BULOG Divre Jatim). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 11 -17 Per p-Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 11 -17 Per p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu tanaman hortikultura yang dibudidayakan oleh petani dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Harga bawang merah di pasaran juga cenderung berfluktuatif. Berbagai penelitian tentang harga bawang merah telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis regresi. Skripsi ini bertujuan untuk memprediksi harga bawang merah di Surabaya dengan menggunakan pendekatan analisis intervensi dan deteksi outlier. Langkah-langkah untuk memprediksi harga bawang merah di surabaya yaitu pemodelan dengan ARIMA, pemodelan dengan deteksi outlier, dan pemodelan dengan analisis intervensi. Data yang digunakan dalam skripsi ini adalah data yang diperoleh dari BULOG pada bulan Januari tahun 2014 sampai bulan Desember tahun 2015. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa intervensi terjadi pada minggu ke tiga bulan Juni tahun 2015 atau data ke-77 dengan jenis intervensi fungsi step, sedangkan berdasarkan deteksi outlier yang dilakukan diketahui terdapat delapan outlier, namun hanya empat outlier yang signifikan masuk kedalam model. Penyebab terjadinya intervensi tersebut adalah karena harga turun dipengaruhi tingginya pasokan bawang merah dari sentra bawang merah di Nganjuk dan Probolinggo dan sentra pengembangan di Bojonegoro, Ponorogo, dan Magetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 11-17 Per p
Uncontrolled Keywords: Price of onion, Intervention Analysis, Outlier Detection.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsEmail
PUTRI PERMATASARI, 081211833004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSediono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorEko Tjahjono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Aug 2017 17:32
Last Modified: 30 Aug 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item