PENAMPILAN PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN ITIK LOKAL JANTAN SETELAH PEMBERIAN TEPUNG DAUN BELUNTAS ( Pluchea Indica Less ) DALAM RANSUM

Wulan Kartikasari (1996) PENAMPILAN PERTAMBAHAN BERAT BADAN, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN ITIK LOKAL JANTAN SETELAH PEMBERIAN TEPUNG DAUN BELUNTAS ( Pluchea Indica Less ) DALAM RANSUM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk fkh 965.96 kar p.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh pemberian tepung daun beluntas terhadap pertambahan berat badan. konsumsi pakan dan konversi pakan itik lokal. Hewan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah ·25 ekor itik Hojosari jantan berumur satu hari. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAt) yang terdiri dari lima perlakuandengan lima ulangan, analisis data menggunakan uji F dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) 5%. Kelima perlakuan itu adalah perlakuan PO, Pl, P2, P3 dan P4 yang masing-masing diberi tepung daun beluntas dalam ransUm sebesar 0%, 4%. 8%, 12% dan 16%. Peubah yang diamati adalah pertambahan berat badan. konsumsi dan konversi pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung daun beluntas sampai 16% dalam ransum itik lokal jantan dapat meningkatkan pertambahan berat badan (p < 0,01), meningkatkan konsumsi pakan (p < 0.05) dan tidak mempengaruhi konversi pakan (p > 0,05). Terdapat hubungan positif antara tingkat pemberian tepung daun beluntas dalam ransum dengan pertambahan berat badan dan konsumsi pakan tetapi tidak berhubungan dengan konversi pakan. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pemberian tepung daun beluntas dalam ransum sebesar 16% memberikan respon terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk fkh 965.96 Kar p
Uncontrolled Keywords: FEEDING BEHAVIOUR, POLTRY
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Wulan KartikasariUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Aug 2017 18:08
Last Modified: 16 May 2019 00:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item