KUALITAS AKHIR YOGHURT YANG DIDAPATKAN DARI PENGGUNAAN STARTER KHAMIR SEBAGAI PENGGANTI BAKTERI

M. Gandul Atik Yuliani, 069011681 (1995) KUALITAS AKHIR YOGHURT YANG DIDAPATKAN DARI PENGGUNAAN STARTER KHAMIR SEBAGAI PENGGANTI BAKTERI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk fkh 966.96 yul k.pdf

Download (117kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh khamir sebagai starter pada yogurt, dan juga untuk mengetahui kualits akhir yogurt tersebut dibandingkan dengan yogurt yang menggunakan bakteri sebagai starter, kemudian diuji secara laboratorik dan organoleptik. Pemeriksaan laboratorik meliputi pengukuran derajat asam, pemeriksaan kadar protein dan kadar lemak. Sedangkan pemeriksaan organoleptik meliputi uji kesukaan terhadap keasaman, aroma dan konsistensi.Pengambilan sampel air susu secara acak dengan pertimbangan setiap sampel air susu berasal dari air susu sapi yang telah disterilisasi secara UHT dan dibeli di supermarket. Sebelum digunakan sampel sudah diuji kualitasnya meliputi derajad keasaman, berat jenis, kadar protein dan kadar lemak. Pembuatan yoghurt dilakukan dengan menginokulasikan starter sebanyak dua persen ke dalam air susu. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap, dengan lima perlakuan dan sepuluh kali ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk fkh 966.96 yul k
Uncontrolled Keywords: fermentation
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
M. Gandul Atik Yuliani, 069011681UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHario Puntodewo, Dr. M. App., ScUNSPECIFIED
Thesis advisorRoostita B., M. App.Sc.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Aug 2017 18:27
Last Modified: 30 Aug 2017 18:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item