Pengembangan Produk Kebab Turki Baba Rafi Berdasarkan Preferensi Konsumen PT. Baba Rafi Indonesia

Bayu Irawan Wahyu Putranto, 041514353054 (2017) Pengembangan Produk Kebab Turki Baba Rafi Berdasarkan Preferensi Konsumen PT. Baba Rafi Indonesia. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS BAYU IRAWAN MM UNAIR 041514353054.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini, perkembangan bisnis untuk industri makanan sangatlah pesat. Hal tersebut ditandai dengan menjamurnya berbagai macam restoran dan produsen makanan cepat saji di Indonesia. Para produsen seolah ingin berlomba untuk menghadirkan produk unggulan yang dapat memenuhi keinginan dari para konsumen. PT. Baba Rafi Indonesia sebagai salah satu produsen makanan cepat saji, dengan produk unggulan Kebab Turki Baba Rafi, seolah tidak ingin ketinggalan dalam persaingan tersebut. Berbagai macam pola pengembangan produk telah dilakukan, namun usaha tersebut dirasakan belum terlalu sesuai dengan ekspektasi perusahaan karena tidak mampu meningkatkan omset penjualan. Hal tersebut ditengarai karena pola pengembangan yang telah dilakukan, tidak sesuai dengan preferensi konsumen sehingga tidak mampu memenuhi keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Conjoint Analysis. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui preferensi konsumen produk Kebab Turki Baba Rafi terhadap atribut produk yang paling berpengaruh dalam hal mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk Kebab Turki Baba Rafi. Atribut yang akan diteliti telah ditentukan sebelumnya berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan manajemen PT. Baba Rafi Indonesia serta berdasarkan pengamatan langsung terhadap perilaku konsumen yang telah dilakukan oleh Tim Quality Control PT. Baba Rafi Indonesia. Atribut produk tersebut antara lain adalah Jenis Tortilla, Ukuran Tortilla, Jenis Daging serta Harga. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa urutan atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi dalam pengembangan produk Kebab Turki Baba Rafi adalah Jenis Daging, Jenis Tortilla, Ukuran Tortilla dan yang terakhir adalah Harga. Saran yang bisa diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pengembangan produk Kebab Turki Baba Rafi yang harus dilandasi dengan pembentukan produk ideal yang telah dihasilkan dari penelitian ini. Di mana produk ideal yang sesuai dengan preferensi konsumen untuk pengembangan produk Kebab Turki Baba Rafi adalah produk Kebab dengan isian Daging Ayam, menggunakan Tortilla Hitam, Ukuran Tortilla sebesar 20 cm serta Harga jual produk sebesar Rp. 18.000.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 25/17 Put p
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen, Analisis Conjoint, Atribut Produk, Kebab Turki Baba Rafi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Bayu Irawan Wahyu Putranto, 041514353054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Hartini, Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 18:47
Last Modified: 30 Aug 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item