DESAIN JOB COMPETENCY MODEL UNTUK “EFFECTIVE JOB PERFORMANCE” PADA TENAGA ANALIS LABORATORIUM(STUDI KASUS LABORATORIUM UJI KIMIA PT PETROKIMIA GRESIK)

MAHINDRA DRAJAT UTOMO, 041514353011 – MM (2017) DESAIN JOB COMPETENCY MODEL UNTUK “EFFECTIVE JOB PERFORMANCE” PADA TENAGA ANALIS LABORATORIUM(STUDI KASUS LABORATORIUM UJI KIMIA PT PETROKIMIA GRESIK). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan produktivitas pada suatu organisasi. Oleh karena itu, permintaan karyawan yang berkompeten & berkomitmen terus meningkat pada sektor industri. Pengelolaan sumber daya manusia berbasis kompetensi saat ini menjadi mutlak diperlukan oleh organisasi atau perusahaan untuk mencapai sasaran organisasi, dimana perwujudan kompetensi itu sendiri meliputi pengetahuan/knowledge, keahlian/skills, kemampuan/ability, dan perilaku/ behavior yang mendorong individu untuk berkinerja pada suatu pekerjaan tertentu (Boyatzis, 1982). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan kompetensi dan mengetahui job competency model untuk menghasilkan “effective job performance” pada tenaga analis laboratorium di unit Laboratorium Uji Kimia Petrokimia Gresik. Model “effective job performance” berdasarkan pada Boyatzis (1982) dimana kompetensi-kompetensi pada tiga komponen yang harus konsisten yaitu kompetensi individu, tuntutan pekerjaan (job demands), dan tuntutan lingkungan organisasi (organizational environment). Metodologi dalam penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif, dimana data diperoleh melalui teknik wawancara berbasis perilaku (behavior-based interview) yang mengikuti kaidah STAR (Situation/Time, Action, & Result) pada subyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 15 tema kompetensi yang dibutuhkan oleh tenaga analis laboratorium di unit Laboratorium Uji Kimia untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik yang konsisten/sesuai dengan job demand dan organizational environment. Job competency model ini akan membantu Laboratorium Uji Kimia, dalam hal ini Petrokimia Gresik untuk merespon kebijakan PT Pupuk Indonesia (Persero) terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia berbasis kompetensi dan menyediakan informasi yang bermanfaat untuk manajemen SDM stratejik yaitu untuk proses penilaian, seleksi, dan pengembangan karyawaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 26/17 Uto d
Uncontrolled Keywords: Model Kompetensi, Kinerja Efektif, Pengelolaan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MAHINDRA DRAJAT UTOMO, 041514353011 – MMUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dr. , Dra.Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 18:58
Last Modified: 30 Aug 2017 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item