KAJIAN STRATEGI BISNIS PT PETROKIMIA GRESIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING GUNA MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS SERTA MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL

DAVID MUNDOVI, 041514353002 (2017) KAJIAN STRATEGI BISNIS PT PETROKIMIA GRESIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN DAYA SAING GUNA MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS SERTA MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS PER.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

PT Petrokimia Gresik dihadapkan pada perubahan kondisi lingkungan bisnis yang sangat cepat (turbulence). Perlambatan ekonomi global dibarengi dengan penurunan harga komoditas internasional menyebabkan harga pupuk impor lebih murah. Meningkatnya persaingan dari sesama anggota Holding PT Pupuk Indonesia dan produsen pupuk swasta di pasar domestik berdampak menurunnya pangsa pasar perusahaan secara signifikan. Disisi lain perusahaan dihadapkan pada masalah besarnya piutang usaha dari penugasan sebagai public service obligation (PSO) yang berpotensi mengancam cash flow perusahaan. Perubahan lingkungan bisnis tersebut memberikan peluang sekaligus ancaman bagi PT Petrokimia Gresik untuk mewujudkan visinya. Penelitian menggunakan analisis internal dan eksternal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpotensi paling mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian menggali informasi langsung dari nara sumber menggunakan metode wawancara (indepth interview). Penelitian ini kemudian berusaha untuk menemukan posisi strategik perusahaan sesuai konsep internal external (IE) matrix serta memberikan rekomendasi formulasi strategi dengan konsep diamond. Hasil penelitian menunjukkan posisi strategik PT Petrokimia Gresik adalah hold and maintain. Strategi yang bisa dikembangkan perusahaan adalah intensive strategy, yakni melakukan pengembangan produk eksisting dan mengembangkan pasar dengan melakukan penetrasi pasar ke sektor perkebunan. Selain itu juga dirumuskan strategi bisnis perusahaan berdasarkan konsep strategi diamond meliputi arena, vehicle, differentiators, staging, dan economic of logic.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 30/17 Mun k
Uncontrolled Keywords: strategi bisnis, analisis internal eksternal, posisi strategik, strategi diamond.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DAVID MUNDOVI, 041514353002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2017 19:35
Last Modified: 30 Aug 2017 19:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61204
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item