PERANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BERAT DAN TINGGI BADAN BALITA DI SURABAYA UNTUK PENENTUAN STATUS GIZI BALITA DENGAN PENDEKATAN MODEL REGRESI NONPARAMETRIK BIRESPON BERDASARKAN ESTIMATOR SPLINE TRUNCATED

RISKA YULIANA, 081311833057 (2017) PERANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BERAT DAN TINGGI BADAN BALITA DI SURABAYA UNTUK PENENTUAN STATUS GIZI BALITA DENGAN PENDEKATAN MODEL REGRESI NONPARAMETRIK BIRESPON BERDASARKAN ESTIMATOR SPLINE TRUNCATED. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text
KKC KK ST.S. 17-17 Yul p-Abstrak.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 17-17 Yul p-Abstrak.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 17-17 Yul p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengukuran status gizi secara antropometri pada tinggi badan dan berat badan balita merupakan pengukuran yang sangat penting dilakukan sebagai upaya menemukan penyimpangan tumbuh kembang dan mengetahui faktor resiko pada balita. Kartu menuju sehat (KMS) merupakan alat pemantauan pertumbuhan anak di Indonesia yang berdasarkan standar WHO 2005. Kasus gizi buruk yang tinggi di Kota Surabaya dapat disebabkan oleh standar evaluator KMS yang digunakan kurang sesuai. Pendekatan spline truncated sesuai digunakan dalam merancang grafik pertumbuhan balita karena tumbuh kembang balita mengalami pola perubahan perilaku pada usia tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang grafik standar pertumbuhan menurut indeks BB/U dan TB/U dengan pendekatan regresi nonparametrik birespon estimator spline truncated dan membuat interface untuk penentuan status gizi. Data balita dalam penelitian ini diperoleh dari Posyandu Kota Surabaya tahun 2016 sebanyak 2130 data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu rancangan grafik pertumbuhan berat badan dan tinggi badan balita dengan menggunakan pendekatan spline truncated birespon baik dalam menggambarkan pola pertumbuhan balita di Surabaya yang ditunjukkan oleh ratarata nilai R-Square sebesar 99,72% untuk laki-laki dan 99,68% untuk perempuan. Balita di Surabaya menyebar di area gizi buruk dan gizi kurang untuk indeks BB/U dan sangat pendek dan pendek untuk indeks TB/U pada grafik standar pertumbuhan WHO 2005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 17-17 Yul p
Uncontrolled Keywords: Children Under Five, Standard Growth Chart, Weight/Age, Height/Age, Spline Truncated Biresponse
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
RISKA YULIANA, 081311833057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M,SiUNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Aug 2017 19:53
Last Modified: 30 Aug 2017 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item