PERBANDINGAN EFEK ANTARA PENGGUNAAN KETAMIN DAN KOMBINASI KETAMIN-ACEPROMAZINE UNTUK ANESTESI UMUM PADA BURUNG MERPATI (Columba Livia) JANTAN

SYARIEF HAMIDY, 069312012 (1999) PERBANDINGAN EFEK ANTARA PENGGUNAAN KETAMIN DAN KOMBINASI KETAMIN-ACEPROMAZINE UNTUK ANESTESI UMUM PADA BURUNG MERPATI (Columba Livia) JANTAN. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk kh 21.00 Har p.pdf

Download (689kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan efek antara penggunaan ketamin dan kombinasi ketamin-acepromazine terhadap mula kerja obat, lama kerja obat, frekuensi denyut jantung, frekuensi respirasi dan temperatur tubuh pada merpati jantan. Dalam penelitian ini digunakan sepuluh ekor merpati jantan dengan berat badan 300 400 g yang diberikan dua perlakuan. Perlakuan pertama diberikan ketamin dengan dosis IS mg/kg bb, kemudian diistirahatkan dan diadaptasikan selama sepuluh hari dan perlakuan kedua diberikan kombinasi ketamin-acepromazine dengan dosis ketamin 15 mg/kg bb dan dosis acepromazine 0,5 mg !kg bb. Semua perlakuan diberikan secara intramuskuler. Hasil percobaan ditabulasik~ digunakan Uji t untuk membandingkan dua perlakuan pada mula kerja obat dan lama kerja obat serta pada 0, 10, 20, 30, 40, 50 dan 60 menit terhadap frekuensi denyut jantung, frekuensi respirasi dan temperatur tubuh. Uji F dengan menggunakan rancangan acak lengkap untuk melihat perubahan pada frekuensi denyut jantung, frekuensi respirasi dan temperatur tubuh terhadap waktu pengamatan dan dilanjutkan dengan uji BNT5%. HasH Uji t menunjukkan bahwa pada perlakuan ketamin dan kombinasi ketamin-acepromazine sangat berbeda nyata (p < 0,01) dalam hal lama kerja obat, berbeda nyata (p < 0,05) dalam hal frekuensi denyut jantung pada menit ke-IO setelah penyuntikan dan tidak berbeda nyata (p > 0,05) dalam hal mula kerja obat, frekuensi denyut jantung, frekuensi respirasi dan temperatur tubuh. HasH uji F pada perlakuan I berbeda sangat nyata (p < 0,01) pada frekuensi denyut jantung dan temperatur tubuh dan tidak berbeda nyata (p > 0,05) pada frekeunsi respirasi, sedangkan pada perlakuan II berbeda sangat nyata (p < 0,01) pada frekuensi denyut jantung dan tidak berbeda nyata (p > 0,05) pada frekuensi respirasi dan temperatur tubuh terhadap ketujuh waktu pengamatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk kh 21.00 har p
Uncontrolled Keywords: acepromazine, ketamin
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SYARIEF HAMIDY, 069312012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHandajani Tjitro, M.S., drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorE. Djoko Putranto, M.S., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:55
Last Modified: 04 Sep 2017 01:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61270
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item