PERAN LAZISMU DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA; STUDI KASUS DI LAZISMU (LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQAH MUHAMMADIYAH) KOTA SURABAYA

AHMAD MAKHTUM, 091414553007 (2017) PERAN LAZISMU DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA; STUDI KASUS DI LAZISMU (LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQAH MUHAMMADIYAH) KOTA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 6 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu instrumen pondasi ajaran syariat islam bagi pemeluk islam. Sebagai negara berkembang dan jumlah muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengelolaan Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) dimana tertuang dalam UU no. 23 tahun 2011. Kota Surabaya sebagai salah satu kota terbesar Indonesia memiliki perkembangan ekonomi yang bisa dikatakan dalam tataran baik. Namun berbagai data statistik masih ditemukan berbagai permasalahan dasar ekonomi yang sebenarnya berpotensi dapat dientaskan dengan pengelolaan ZIS. Pendayagunaan ZIS berbasis pada program pemberdayaan merupakan salah satu pendayagunaan ZIS bersifat jangka panjang. Pada program pendayagunaan ZIS berbasis pemberdayaan dalam jangka panjang bertujuan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mandiri, berdaya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini berdasarkan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan dengan menggunakan eksplanatif guna menjelaskan bagaimana peran LAZISMU Kota Surabaya melakukan pendayagunaan berbasis pemberdayaan di Kota Surabaya. Metode pengambilan data yang digunakan antara lain dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian peran LAZISMU dalam pendayagunaan ZIS berbasis pemberdayaan masyarakat di Kota Surabaya dalam bentuk deskripsi peran LAZISMU dalam pendayagunaan zakat berbasis program pemberdayaan. Pendayagunaan ZIS berbasis pemberdayaan dilakukan dengan beberapa program antara lain pada sektor pendidikan dengan pemberian beasiswa bagi para mustahiq. Pada sektor ekonomi, program pendayagunaan ZIS berbasis ekonomi dilakukan dalam program Unit Keuangan Mikro dan Bina Mandiri Wirausaha, Ngaji Bisnis, dan Rumah Wiramuda. Pada pendayagunaan ZIS berbasis pemberdayaan dengan pendekatan community development, LAZISMU Kota Surabaya melakukan program kampung binaan. Mekanisme program-program tersebut dilakukan LAZISMU Kota Surabaya dengan tiga jalan antara lain; LAZISMU yang secara langsung menetukan sasaran program, pengajuan program berasal dari masyarakat, dan berdasarkan sumber sasaran dari pihak Pengurus Cabang Muhammadiyah. Pada beberapa waktu pelaksanaan program tersebut, beberapa kriteria keberhasilan dan dampak positif bagi kehidupan masyarakat mulai nampak meski belum mencapai tujuan akhir pelaksanaan masing-masing program. Namun program-program pendayagunaan ZIS berbasis pemberdayaan masing-masing masih memiliki berbagai kendala sehingga pelaksanaanya masih belum dalam keadaan ideal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI 01/17 Mak p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Pendayaagunaan, pengelolaan ZIS, mustahiq
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AHMAD MAKHTUM, 091414553007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Herianingrum, Dr., S.E., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2017 01:08
Last Modified: 06 Sep 2017 01:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61310
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item