PENGARUH MEDROKSI PROGESTERON ASETAT TERHADAP SERAT BADAN DAN KADAR KOLESTEROL HDL DARAH TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus)

ANNY AMALIYA, 069512159 (2000) PENGARUH MEDROKSI PROGESTERON ASETAT TERHADAP SERAT BADAN DAN KADAR KOLESTEROL HDL DARAH TIKUS PUTIH JANTAN (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk kh 35.00 Ama p.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Medroksi Progesteron Asetat (MPA) sebagai alat kontrasepsi terhadap berat badan dan kadar kolesterol-HDL darah tikus putih jantan. Hewan percobaan yang digunakan sebanyak dua puluh empat ekor tikus putih jantan yang berumur ± 5 -6 bulan dengan berat badan rataan 257,96 ± 32,51 gram. Selama percobaan, tikus putih jantan tersebut diberi pakan ayam buatan PT. COMFEED INDONESIA berbentuk pellet. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan empat perlakuan yang masing-masing perlakuan terdiri dari enam ulangan. MPA diberikan secara intramuskuler sebanyak 3 kali dengan selang waktu pemberian 28 hari. Pada perlakuan A (PN tanpa pemberian MPA sebagai kontrol, perlakuan B (Pe) pemberian MPA dengan dosis 4 mg. perlakuan C (Pc) pemberian MPA dengan dosis 8 mg dan perlakuan D (Po) pemberian MPA dengan dosis 12 mg. Penimbangan berat badan dilakukan pada saat sebelum perlakuan dan setiap dua minggu saat perlakuan diberikan, sedangkan pemeriksaan kadar kolesterol-HDL dilakukan dua minggu setelah pemberian MPA yang terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPA yang diberikan secara intramuskuler dengan dosis 0 mg. 4 mg, 8 mg, 12 mg sebanyak tiga kali dengan selang waktu pemberian 28 hari tidak menimbulkan pengaruh yang nyata (p > 0,05) terhadap be rat badan dan kadar kolesterol-HDL darah tikus putih jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk kh 35.00 Ama p
Uncontrolled Keywords: medroxy progesterone
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ANNY AMALIYA, 069512159UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. SARMANU, Dr., M.S.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorSRI CHUSNIANI, M.Kes., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 06 Sep 2017 23:19
Last Modified: 06 Sep 2017 23:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item