KEWAJIBAN NEGARA INDONESIA MELINDUNGI WARGA NEGARA-NYA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS : ISIS)

REZA ADHITYA AKBAR, 031111125 (2017) KEWAJIBAN NEGARA INDONESIA MELINDUNGI WARGA NEGARA-NYA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS : ISIS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH. 109-17 Akb k.pdf
Restricted to Registered users only until 14 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tentara yang dimiliki ISIS tidak hanya warga negara dari Iraq maupun Suriah, tetapi berasal dari berbagai warga negara mayoritas maupun minoritas Islam pun direkrut oleh ISIS tersebut, tak terkecuali dari warga negara Indonesia. Berdasarkan uraian tersebut di atas, ditentukan 2 rumusan masalahnya, yaitu: (1) Bagaimanakah status hukum warga Negara Indonesia yang menjadi tentara ISIS; dan (2) Apakah pemerintah Indonesia berkewajiban melindungi warga negaranya yang dengan sadar menjadi tentara ISIS. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini yakni status Warga Negara Indonesia yang menjadi tentara ISIS tidak bisa dicabut kewarganegarannya karena hal tersebut tidak termasuk hal-hal yang dapat mengakibatkan seseorang kehilangan kewarganegaraannya. Hal tersebut dikarenakan bahwa ISIS bukanlah suatu negara. Akan tetapi orang yang ikut Gerakan ISIS dapat dipidana jika dengan sengaja melakukan kekerasan dengan maksud membuat teror atau jika melakukan hal-hal dengan maksud melawan pemerintahan. Pemerintah Indonesia masih berkewajiban melindungi warga negaranya yang dengan sadar menjadi tentara ISIS, dikarenakan bahwa status kewarganegaraaan seseorang yang menjadi tentara ISIS tersebut masih berstatus Warga Negara Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 109-17 Akb k
Uncontrolled Keywords: Kewajiban, Negara, Melindungi, Warga Negara, dan ISIS.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
REZA ADHITYA AKBAR, 031111125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Wayan Titib Sulaksana, S.H.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Sep 2017 18:21
Last Modified: 13 Sep 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61407
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item