TEKNIK PEMBESARAN PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) MENGGUNAKAN SISTEM RESIRKULASI AIR PADA KOLAM BETON DI PUSAT PELATIHAN MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN (P2MKP) SUMBER HARAPAN, BLITAR, JAWA TIMUR

YESSICA SWASTIKA, 141311133083 (2017) TEKNIK PEMBESARAN PADA IKAN KOI (Cyprinus carpio) MENGGUNAKAN SISTEM RESIRKULASI AIR PADA KOLAM BETON DI PUSAT PELATIHAN MANDIRI KELAUTAN DAN PERIKANAN (P2MKP) SUMBER HARAPAN, BLITAR, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.11-17 Swa t ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.11-17 Swa t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitasair merupakan faktor yang sangat penting untuk dipertahankan dalam budidaya perikanan karena kualitas air yang tidak baik dapat menimbulkan penyakit pada ikan dan berdampak pada turunnya produksi bahkan kerugian bagi petani ikan (Boyd, 2002). Suplai air yang cukup belum menjamin keberhasilan panen bila pengelolaan kualitas air selama pemeliharaan tidak memadai. Begitu juga dengan ikan koi sangat bergantung pada kualitas air. Salah satu cara untuk mendapatkan kualitas air yang baik dengan tanpa harus memasukkan air baru dari sumber air adalah dengan sistem resirkulasi air. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengelaman, dan keterampilan lapang, khususnya dalam kegiatan manajemen dan control kualitas air menggunakan sistem resirkulasi. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Sumber Harapan yang terletak di Desa Kemloko, Kecamatan Ngelegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 15 Januari sampai 26 Februari 2016. Dalam sisterm resirkulasi hal yang terpenting adalah filtrasi airnya dengan penyaringan dalam chamber menggunakan batu zeloit, batu kecil, arang, bioball, dakron. Ikan koi yang digunakan berukuran 15- 30 cm dengan pemberian pakan yang teratur menggunakan pakan koi (PK), C.P Bredeer Pro, dan San Koi. Pemanenan di lakukan tergantung permintaan dari konsumen, jika ikan koi yang termasuk dalam kriteria kelas super dipasarkan melalui pasar koi dan melalui kontes ikan koi. Kontrol kualitas air sangat penting bagi budidaya ikan, air merupakan media hiduputamabagi organism akuatik, oleh karena itu kondisi perairan yang baik sangat dibutuhkan pada kegiatan budidaya, sedangkansistemresirkulasiyaitu mengolah sebagian atau seluruh air buangan agar layak digunakan kembali dalam proses budidaya.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.11/17 Swa t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
YESSICA SWASTIKA, 141311133083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Sep 2017 20:38
Last Modified: 14 Sep 2017 20:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item