MANAJEMEN PAKAN PADA PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI CV. SINAR ABADI MAKMUR (SAM) KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN PROPINSI JAWA TIMUR

M. MISBAHUL ULUM, 141311133006 (2017) MANAJEMEN PAKAN PADA PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) DI CV. SINAR ABADI MAKMUR (SAM) KECAMATAN JENU KABUPATEN TUBAN PROPINSI JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.19-17 Ulu p ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.19-17 Ulu p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu udang yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi dipasaran, disamping udang windu (Panaeus monodon) dan udang putih (Panaeus merguensis). Tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) di tambak udang CV. Sinar Abadi Makmur, Tuban Jawa Timur adalah Memplajari manajemen pakan dan Mengetahui permasalahan yang timbul dalam manajemen pakan pada pembesaran udang vaname. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di tambak udang CV. Sinar Abadi Makmur (SAM) Tuban, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Januari sampai tanggal 14 Februari 2016. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang adalah wawancara dan observasi lapang. Manajemen pemberian pakan merupakan suatu usaha pengaturan pemberian pakan sehingga mampu mendapatkan hasil produksi udang yang optimal. Manajemen pemberian pakan sangat menentukan keberlanjutan usaha budidaya udang dikarenakan kontribusi pakan mencapai 60-70% dari total biaya operasional. Kegiatan manajemen pemberian pakan meliputi pelaksanaan dan evaluasi program pemberian pakan. Pelaksanaan program pemberian pakan meliputi penggunaan pakan komersial untuk udang dengan kandungan protein 35-45%, penghitungan kebutuhan pakan ditetapkan dengan blind feeding dan berdasarkan respon anco, frekuensi pemberian pakan sebanyak lima kali dalam satu hari, cara pemberian pakan dengan cara menebar pakan secara merata ke feeding area, serta penyimpanan pakan dilakukan di gudang pakan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.19/17 Ulu p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
M. MISBAHUL ULUM, 141311133006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Sep 2017 21:47
Last Modified: 14 Sep 2017 21:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61485
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item