PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN KOMITMEN ANGGOTA KOMUNITAS KASKUS PADA CO-CONSUMPTION DAN CO-PRODUCTION: PERSPEKTIF MODAL SOSIAL

Mohamad Lambang Aditya, 040610132 (2011) PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN KOMITMEN ANGGOTA KOMUNITAS KASKUS PADA CO-CONSUMPTION DAN CO-PRODUCTION: PERSPEKTIF MODAL SOSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B. 281-11 Adi p abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B. 281-11 Adi p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Teknologi internet memberikan kenyamanan dan kecepatan pada individu untuk saling berinteraksi tanpa dipisahkan oleh jarak. Keinginan untuk berhubungan sosial melalui dunia maya tersebut membentuk komunitas virtual. Komunitas virtual merupakan tempat dimana sumber daya informasi tersebar dengan luar biasa dan tanpa batas. Individu tanpa pernah bertatap muka saling mendukung berdirinya komunitas dan memberikan kontribusi mereka demi kelangsungan hidup komunitas virtual yang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan social capital, informational value, social value, komitmen anggota pada komunitas virtual, knowledge sharing behavior, dan efek dari selfefficacy dalam memoderasi hubungan antar variabelnya. Untuk menjawab pertanyaan dalam penelitian ini, sebanyak 204 responden dengan rentang usia <20 tahun hingga 40 tahun yang merupakan anggota aktif komunitas virtual Kaskus. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan dalam pengaruh social capital terhadap informational dan social value, pengaruh informational dan social value terhadap komitmen anggota pada komuntias virtual, dan pengaruh komitmen anggota pada komunitas virtual terhadap knowledge sharing behavior. Sedangkan dengan menggunakan regresi moderasi diketahui bahwa self-efficacy memoderasi secara signifikan terhadap pengaruh informational dan social value pada komitmen anggota pada komunitas virtual. Namun self-efficacy tidak terlalu memoderasi pengaruh informational dan social value terhadap knowledge sharing behavior antar anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 281/11 Adi p
Uncontrolled Keywords: community, virtual community, virtual brand community, social capital, informational value, social value, commitment, knowledge sharing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Mohamad Lambang Aditya, 040610132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 10 Feb 2012 12:00
Last Modified: 29 Aug 2016 06:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item