PENGARUH LAMA PENYIMPANAN PADA FERMENTASI LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp. DENGAN Lactobacillus sp. TERHADAP KANDUNGAN KALSIUM (Ca) DAN ZAT BESI (Fe)

CYNTHIA AYU AULLY VIANDHINI, 060710293 P (2014) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN PADA FERMENTASI LIMBAH RUMPUT LAUT Gracilaria sp. DENGAN Lactobacillus sp. TERHADAP KANDUNGAN KALSIUM (Ca) DAN ZAT BESI (Fe). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 108 - 17 Via p-Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 108 - 17 Via p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan industri rumput laut di Indonesia memiliki prospek yang cerah. Hal ini disebabkan karena tehnik pembudidayaan rumput laut yang relative mudah dikuasai oleh masyarakat, sehingga usaha tersebut dapat dilakukan secara masal. Limbah rumput laut mempunyai nilai lebih yaitu unsur makro dan mikro nutrient. Kandungan unsur hara yang relatif kompleks tersebut sangat memungkinkan limbah rumput laut Gracilaria sp. dijadikan media pengkayaan probiotik. Budidaya intensif udang maupun ikan saat ini sudah banyak menggunakan produk probiotik. Salah satu upaya adalah dengan teknologi fermentasi (Saputra, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan pada fermentasi limbah rumput laut Gracilaria sp. terhadap kandungan kalsium (Ca) dan zat besi (Fe) dan mengetahui kandungan optimal kalsium (Ca) dan zat besi (Fe) pada fermentasi limbah rumput laut Gracilaria sp. yang dipengaruhi lama penyimpanan. Metode penelitian adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah lama penyimpanan yang berbeda, yaitu P0 (lama penyimpanan hari ke-0), P1 (lama penyimpanan hari ke-1), P2 (lama penyimpanan hari ke-3), P3 (lama penyimpanan hari ke-5) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter utama yang dianalisis adalah kandungan kalsium (Ca) dan zat besi (Fe). Parameter penunjang yang diamati yaitu kualitas media fermentasi seperti pengamatan suhu, pH dan lama penyimpanan. Analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan yang terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lama penyimpanan pada fermentasi limbah rumput laut Gracilaria sp. berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kandungan kalsium (Ca) dan berpengaruh sangat nyata (P<0.05) terhadap kandungan zat besi (Fe). Rata-rata kandungan tertinggi kalsium (Ca) sebesar 62,9% pada lama penyimpanan hari ke-3 dan kandungan terendah kalsium (Ca) sebesar 4.31% pada lama penyimpanan hari ke-1. Rata-rata kandungan tertinggi zat besi (Fe) sebesar 0.75704 % pada lama penyimpanan hari ke-1 dan kandungan terendah zat besi (Fe) sebesar 0.21% pada lama penyimpanan hari ke-0. Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang aplikasi fermentasi limbah rumput laut Gracilaria sp. sebagai media pengkayaan probiotik untuk mengetahui pengaruh terhadap kesuburan lingkungan dan budidaya perairan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 108/ 17 Via p
Uncontrolled Keywords: Seaweed Waste Fermentation; Gracilaria sp; Lactobacillus sp. ; Calcium (Ca);Iron (Fe)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH393 Seagrasses
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
CYNTHIA AYU AULLY VIANDHINI, 060710293 PUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 15 Sep 2017 00:26
Last Modified: 15 Sep 2017 00:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61495
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item