PENGARUH PENGALAMAN PADA MEREK TERHADAP KETERIKATAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN MAHASISWA

Reza Aditya Hartawan, 040610716 (2011) PENGARUH PENGALAMAN PADA MEREK TERHADAP KETERIKATAN EMOSIONAL DAN KEPUASAN MAHASISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B. 289-11 Har p abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B. 289-11 Har p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengalaman merupakan dasar bagi perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dan mencapai keunggulan kompetitifnya. Produk dan jasa saja bukan lagi hal utama yang ditawarkan, namun pengalaman yang merepresentasikan sensasi pribadi seorang pelanggan dan memuaskan kebutuhan personal pelanggan telah menjadi suatu alat yang dapat memunculkan economic offerings yang baru. Dalam penelitian ini keterikatan emosional di identifikasi sebagai faktor yang dapat menguatkan kepuasan pelanggan melalui pengalaman merek, karena pelanggan yang memiliki pengalaman merek positif pada merek secara perlahan akan mempunyai keterikatan emosional yang akan memicu pelanggan mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efek dari pengalaman merek terhadap kepuasan pelanggan yang di mediasi oleh keterikatan emosional. Responden dari survei ini adalah mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair dengan jumlah partisipan sebanyak 180. Variabel dalam penelitian ini adalah pengalaman merek sebagai variabel bebas, kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat dan keterikatan emosional sebagai variabel mediasi. Teknik analisis yang digunakan adalah structural equation modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa hanya pengalaman konsumen pada merek saja tidak cukup untuk mempengaruhi kepuasan. Keterikatan emosional dibutuhkan untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan. Keterikatan emosional terbukti sebagai variabel yang memediasi pengalaman merek dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 289/11 Har p
Uncontrolled Keywords: brand experience, emotional attachment, customers satisfaction, involvement
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Reza Aditya Hartawan, 040610716UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
EditorBAdri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 10 Feb 2012 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 00:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6154
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item