PENGARUH KEJUT SALINITAS DAN SUHU TERHADAP PELEPASAN SPORA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii

FARIZ KUKUH HARWINDA, 141311133135 (2017) PENGARUH KEJUT SALINITAS DAN SUHU TERHADAP PELEPASAN SPORA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK BP 110 - 17 Har p-Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK BP 110 - 17 Har p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (935kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan vegetatif clonal rumput laut Kappaphycus alvarezii yang berulang-ulang akan mengakibatkan penurunan mutu pada variabilitas genetik yang menyebabkan turunnya growth rate, kadar karaginan, dan kekuatan gel. Salah satu langkah pengembangan aspek reproduksi yang menjadi solusi adalah penumbuhan bibit melalui spora yang merupakan proses pembibitan yang efisien, pertumbuhannya cepat dan mampu menghasilkan bibit unggul. Suhu dan salinitas merupakan faktor penting yang menentukan pertumbuhan dan reproduksi rumput laut yang diaplikasikan dalam manipulasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi dan interaksi kejut salinitas dan suhu terhadap pelepasan spora rumput laut K. alvarezii dalam menghasilkan bibit unggul. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari sembilan perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penggunaan kombinasi faktor lingkungan yang berbeda yakni kejut salinitas dan kejut suhu. Analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dilanjutkan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kejut salinitas dan kejut suhu berpengaruh terhadap sistem osmoregulasi dan pelepasan spora rumput laut K. alvarezii. Pemberian kejut salinitas dan kejut suhu memiliki interaksi terhadap pelepasan spora rumput laut K. alvarezii pada hari keenam dan ketujuh dengan perlakuan terbaik pada perlakuan kejut suhu 32˚C dan salinitas 31 ppt dengan menghasilkan spora 5413 sel/ml pada hari ketujuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 110-17 Har p
Uncontrolled Keywords: Salinity Shock ; Temperature Shock ; Kappaphycus alvarezii Seaweed Spore
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH393 Seagrasses
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
FARIZ KUKUH HARWINDA, 141311133135UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Dewi Mashitah, Dr., Ir., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 18 Sep 2017 19:28
Last Modified: 18 Sep 2017 19:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61561
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item