PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP READINESS FOR CHANGE DENGAN MEDIASI TEACHER SELF-EFFICACY DAN TEACHER TRUST IN THE PRINCIPAL DI SMA NEGERI 1 GRESIK

ROSITA HILDA ISTIADHY, NIM: 041311233039 (2017) PENGARUH TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP TERHADAP READINESS FOR CHANGE DENGAN MEDIASI TEACHER SELF-EFFICACY DAN TEACHER TRUST IN THE PRINCIPAL DI SMA NEGERI 1 GRESIK. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 121_17 Ist p ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 121_17 Ist p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia atau di negara lain disebabkan oleh kebutuhan masyarakat yang berkembang tanpa bisa dicegah. Perubahan kurikulum dimaksudkan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional. Kurikulum yang berubah menciptakan kesulitan baru bagi guru karena harus menyesuaikan kembali dengan perubahan, maka kesiapan guru dapat menjadi faktor kunci keberhasilan dalam implementasi perubahan kurikulum di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara transformational leadership terhadap readiness for change, dengan mediasi teacher self-efficacy dan teacher trust in the principal pada guru di SMA Negeri 1 Gresik. Pada penelitian ini di gunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus dan didukung. Penelitian ini menggunakan data primer sejumlah 49 orang, dimana data tersebut diambil dengan menggunakan metode kuesioner yang dibagikan kepada guru di SMA Negeri 1 Gresik. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dan Uji Sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan untuk perubahan, yang artinya kepemimpinan transformasional dapat berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan untuk perubahan. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efikasi diri guru dan efikasi diri guru juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan untuk perubahan, yang artinya efikasi diri guru mampu memediasi pengaruh antara kepemimpinan transformasional terhadap kesiapan untuk perubahan dan termasuk jenis mediasi parsial. Kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan guru kepada kepala sekolah namun kepercayaan guru kepada kepala sekolah berpengaruh secara positif dan tidak signifikan, yang artinya kepercayaan guru kepada kepala sekolah tidak mampu memediasi pengaruh antara kepemimpinan transformasional terhadap kesiapan untuk perubahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 121/17 Ist p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ROSITA HILDA ISTIADHY, NIM: 041311233039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantDwi Ratmawati, Dr., SE., M.Com.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Sep 2017 20:01
Last Modified: 18 Sep 2017 20:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61564
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item