MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN BUATAN PADA PEMBENIHAN IKAN TAWES (Puntius javanicus) DI SATUAN KERJA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH

SIKMA ZUNIARISCA CAHYANI, 141311133004 (2017) MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN BUATAN PADA PEMBENIHAN IKAN TAWES (Puntius javanicus) DI SATUAN KERJA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.23-17 Cah m ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.23-17 Cah m LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan tawes merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis penting dan potensial untuk dibudidayakan karena tidak membutuhkan lahan yang terlalu istimewa, tidak memerlukan modal yang banyak, dan mudah dikembangbiakkan serta memiliki daging yang cukup tebal. Dalam budidaya, pemberian pakan merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk mendukung keberhasilan usaha budidaya, karena diharapkan agar pakan yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh ikan secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan pertumbuhan ikan yang optimal. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari suatu objek kegiatan di bidang perikanan, mengetahui manajemen pemberian pakan yang diberikan pada benih ikan tawes, dan mengetahui hambatan dan permasalahan dalam proses manajemen pemberian pakan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Satuan Kerja Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (Satker PBIAT) Ngrajek, Magelang, Jawa Tengah pada tangal 18 Januari 2016 sampai tanggal 17 Pebruari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data yang meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Hasil Praktek Kerja Lapang yang telah dilakukan pada manajemen pakan, jenis pakan yang digunakan, kandungan nutrisi yang ada di dalam pakan, dosis dan frekuensi pemberian pakan, cara pemberian pakan, penyimpanan pakan, pengukuran kualitas air dan evaluasi pemberian pakan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.23/17 Cah m
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SIKMA ZUNIARISCA CAHYANI, 141311133004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHari Suprapto, Dr., Ir., M.Agr.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Sep 2017 21:41
Last Modified: 18 Sep 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61573
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item