TEKNIK BUDIDAYA LELE (Clarias bathracus) DENGAN SISTEM BIOFLOK DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN BUDIDAYA, KEPANJEN, KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR

DWI YUARNITA MAHARANI, 141311133179 (2017) TEKNIK BUDIDAYA LELE (Clarias bathracus) DENGAN SISTEM BIOFLOK DI UNIT PELAKSANAAN TEKNIS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN BUDIDAYA, KEPANJEN, KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.24-17 Mah t ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.24-17 Mah t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele (Clarias bathracus) merupakan salah satu jenis ikan sungai.Hal ini dapat menjadi prospek cukup cerah dan sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia.Ikan lele juga merupakan ikan konsumsi dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat.Teknik budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini dilakukan secara intesif.Adanya sistem bioflok, ikan lele dapat dipelihara dengan kepadatan diatas 1000 ekor/m3. Hal ini merupakan keuntungan bagi pembudidaya ikan lele, karena dapat memenuhi permintaan pasar. Tujuan praktek kerja lapang ini adalah untukmengetahui teknik budidaya ikan lele (Clarias bathracus) dengan sistem bioflok serta kendala apa saja yang terjadi di UPT Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya Kepanjen. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UPT Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya Kepanjen pada tanggal 18 Januari - 12 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data sekunder dan data primer. pengambilan data dilakukan dengan partisipasi aktif, wawancara dan studi pustaka. Teknik budidaya lele sistem bioflok di UPT PTPB Kepanjen memiliki beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu persiapan alat dan bahan, pembuatan kontruksi kolam, pembuatan kolam bioflok, pembuatan media bioflok, seleksi benih dan penebaran benih, manajemen kualitas air, pembuatan pakan fermentasi, panen dan pasca panen, dan penanggulangan penyakit. Limbah budidaya atau sisa pakan yang telah dirubah menjadi flok dimanfaatkan sebagai pakan. Teknik budidaya sisem bioflok memperbaiki kualitas air dengan menguraikan ammonia menjadi bahan organik dan dimanfaatkan dalam bentuk flok. Sistem bioflok ini meningkatkan hasil produksi dan mengurangi biaya operasional. Permasalahan dan hambatan yang terjadi dalam teknik budidaya lele sitem bioflok ini munculnya penyakit pada ikan menyebabkan beberapa ikan mati, kandungan ammonia yang tinggi, identifikasi jenis dan kelimpahan bakteri pembentuk flok pada sistem bioflok.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.24/17 Mah t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DWI YUARNITA MAHARANI, 141311133179UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorANNUR AHADI ABDILLAH, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Sep 2017 22:05
Last Modified: 18 Sep 2017 22:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item