SISTEM SURVEILANS FAKTOR DETERMINAN PENYAKIT KARDIOVASKULAR AKIBAT HUBUNGAN KERJA (Studi Pada Pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya)

ANDHIKA NUGRAHA, 101514253014 (2017) SISTEM SURVEILANS FAKTOR DETERMINAN PENYAKIT KARDIOVASKULAR AKIBAT HUBUNGAN KERJA (Studi Pada Pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS ANDHIKA NUGRAHA 101514253014.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Pegawai sebagian besar menghabiskan waktu di tempat kerja, Hal ini berdampak pada sebagian besar perilaku kesehatan berada di tempat kerja. Kurangnya aktifitas fisik ditempat kerja, stres akibat pekerjaan, dan kurangnya kontrol dalam asupan makanan, ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran pemeriksaan kesehatan secara berkala dapat berisiko terkena penyakit jantung. Informasi kesehatan pegawai KKP Kelas I Surabaya yang adequate belum ada, hal ini disebabkan karena belum adanya pencatatan hasil pemeriksaan kesehatan seluruh pegawai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan pada bulan Pebruari - Mei 2017. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang, Kepala Seksi, dan Staff pelaksana program yang berkaitan. Tujuan penelitian adalah untuk menyusun sistem surveilans faktor determinan penyakit kardiovaskular akibat hubungan kerja pada pegawai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang sudah ada belum menggambarkan informasi faktor determinan penyakit kardiovaskular akibat hubungan kerja pada pegawai. Kebutuhan komponen input (jenis data, sumber daya manusia, dana, sumber data) dan komponen output dan (informasi epidemiologi) dapat dipenuhi dalam pengembangan sistem kecuali jenis data HDL, LDL, dan HBA1c. Pengembangan desain sistem dilakukan dengan menyusun mekanisme pengumpulan, pengolahan, analisa dan interpretasi data, dan desiminasi informasi dengan membuat diagram konteks, diagram arus data dan pedoman pelaksanaan. Kesimpulan bahwa desain sistem surveilans faktor risiko penyakit kardiovaskular akibat hubungan kerja pada pegawai KKP Kelas I Surabaya dapat dikembangkan dari surveilans deteksi dini PTM dengan melakukan penambahan pengumpulan jenis data, pengolahan, analisa dan interpretasi data yang khusus bagi pegawai KKP dengan memperhatikan aspek pekerjaan yang dihubungkan dengan kejadian faktor determinan penyakit kardiovaskular dan desiminasi informasi yang sesuai kebutuhan dan ketersediaan sumber daya di KKP Kelas I Surabaya. Guna meningkatkan derajat kesehatan pegawai, KKP dapat mengimplementasikan desain sistem yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK 14/17 Nug a
Uncontrolled Keywords: surveilans, faktor determinan penyakit kardiovaskular, pegawai
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDHIKA NUGRAHA, 101514253014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Martiana, Prof. Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 22:16
Last Modified: 18 Sep 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item