MANAJEMEN PEMBENIHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR (IBAT) PUNTEN, BATU, MALANG, JAWA TIMUR.

OKI TILAHWATIH, 141311133045 (2017) MANAJEMEN PEMBENIHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) DI INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR (IBAT) PUNTEN, BATU, MALANG, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.25-17 Til m ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.25-17 Til m LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (957kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki prospek yang cerah untuk dibudidayakan. Ikan Mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu ikan mas merupakan salah satu komoditi unggulan perikanan tawar karena sebagian besar masyarakat Indonesia terutama Punten Batu Malang menggemari ikan mas. Budidaya Ikan Mas memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan dan 3 kesejahteraan petani ikan. Budidaya ikan mas dapat dilakukan di kolam dan sawah. Ikan Mas adalah salah satu jenis ikan budidaya air tawar yang paling banyak dibudidayakan petani baik budidaya pembenihan, pembesaran di kolam pekarangan ataupun air deras. Produksi ikan Mas dapat mencapai diatas rcta-tata ikan konsumsi lainnya. Di kalangan petani maupun masyarakat, ikan Mas telah dikenal dan disukai sehingga pemasarannya tidaklah sulit. Selain itu sebagai ikan budidaya ikan Mas memiliki keunggulan, yaitu dapat dikembangbiakkan hanya dengan perbaikan lingkungan atau manipulasi lingkungan dan kawin suntik (Hyphofisasi) Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan di IBAT Punten, Batu, Malang untuk mempelajari dan memahami dan melakukan secara langsung tentang manajemen pembenihan ikan mas (C. carpio). Mempelajari prosedur teknis serta memperoleh kenterampilan dalam hal pelaksanaan pembenihan ikan mas (C. carpio). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Instalasi Budidaya Air Tawar, Punten, Batu, Malang, Jawa Timur pada tanggal 15 Januari 2016 sampai tanggal 18 Pebruari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data yang meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Hasil Praktek Kerja Lapang yang telah dilakukan, pembenihan ikan mas meliputi kegiatan mulai dari persiapan kolam pemijahan, seleksi induk matang, pemijahan ikan mas, penetasan telur dan perawatan larva, pemeliharan benih ikan mas, pemberian pakan, pengelolaan kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, pemsaran, analisa usaha,

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.25/17 Til m
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
OKI TILAHWATIH, 141311133045UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Sep 2017 22:36
Last Modified: 18 Sep 2017 22:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61580
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item