ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA LAS PT.PAL INDONESIA

BAIQ FATHIN AYU RAKHMAWATI, 101514253005 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA LAS PT.PAL INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS BAIQ FATHIN AYU RAKHMAWATI 101514253005.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Kepatuhan pekerja las dalam menggunakan alat pelindung diri merupakan salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja, hal ini karenakan pekerjaan pengelasan merupakan salah satu pekejaan yang memilki potensi terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pekerja las dalam menggunakan alat pelindung diri sesuai dengan standard operating system yang berlaku di PT.PAL Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode yang digunakan dengan cara observasi penggunaan alat pelindung diri selama pekerja melakukan pengelasan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karakteristik pekerja (umur, masa kerja, status kepegawaian, pendidikan, pengetahuan), tanggung jawab, legitimasi figur otoritas, status figur otoritas, pengawasan, dukungan sesama rekan, status lokasi, fasilitas alat pelindung diri, dan standard operating procedure. Subyek penelitian adalah pekerja las yang bekerja di Divisi Kapal Niaga. Besar sampel yang diambil adalah 72 pekerja las. Pengumpulan data dengan cara observasi langsung menggunkan tabel checklist berdasarkan standard operating procedure (SOP) yang berlaku di PT.PAL Indonesia. Penelitin ini menunjukan bahwa pengetahuan dan pengawasan merupakan faktor yang berpengaruh yaitu dengan nilai p=0,003 dan p=0,014, artinya bahwa pekerja dengan pengetahuan rendah dan tidak adanya pengawasan memiliki kemungkinan untuk tidak patuh dalam menggunakan alat pelindung dibandingkan dengan pekerja yang memiliki pengetahuan dan adanya pengawasan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK 18/17 Rak a
Uncontrolled Keywords: Alat Pelindung Diri, kepatuhan, pekerja las.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
BAIQ FATHIN AYU RAKHMAWATI, 101514253005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAbdul Rohim Tualeka, Dr., Drs., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 23:09
Last Modified: 18 Sep 2017 23:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61591
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item