ANALISIS PENGARUH WARNA LOGO TERHADAP KEPRIBADIAN MEREK DAN IMPLIKASINYA PADA PERSEPSI ATAS KUALITAS JASA (STUDI KASUS PERBANKAN: BCA DAN CIMB NIAGA)

SATRIA BANGUN NUSWANTORO, 040510566 (2011) ANALISIS PENGARUH WARNA LOGO TERHADAP KEPRIBADIAN MEREK DAN IMPLIKASINYA PADA PERSEPSI ATAS KUALITAS JASA (STUDI KASUS PERBANKAN: BCA DAN CIMB NIAGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. Halaman Judul & Persetujuan - gdlhub-gdl-s1-2011-nuswantoro-12611-b27710-a.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nuswantoro-12611-b27710-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Logo sebagai salah satu instrumen komunikasi visual perusahaan diposisikan mempunyai peranan utama sebagai konjungsi suatu merek. Logo mampu mengondisikan pengenalan yang cepat (speed recognition) dan warna sebagai elemen utama logo mempunyai pengaruh dalam membentuk kepribadian merek (brand personality). Realita bahwa warna menyampaikan pesan-pesan tertentu termasuk pengaruhnya dalam membentuk kepribadian merek hendaknya dipahami dengan saksama oleh manajemen agar dalam proses pencitraan perusahaan akan terwujudkan keselarasan antara pesan yang dipersepsikan konsumen atas warna dengan kondisi yang akan dikehendaki perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan logo berwarna biru (cool color) dan pengaruh penggunaan logo berwarna merah (warm color) terhadap pembentukkan brand personality di industri perbankan, dan kemudian diteruskan dengan pengukuran pengaruh brand personality tersebut terhadap persepsi atas kualitas jasa (perceived service quality). Warna sebagai variabel bebas bersifat eksperimental dengan menggunakan BCA sebagai representasi perbankan berlogo biru dan CIMB Niaga sebagai representasi perbankan berlogo merah. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan dua alat uji (uji t dan regresi linier berganda) dengan bantuan program SPSS 10. Berdasarkan model analisis yang dibangun, dilakukan dua kali pengujian. Pengujian pertama yaitu uji beda pada tiap-tiap warna dalam membentuk brand personality. Uji pertama menunjukkan hasil bahwa biru pada BCA menciptakan brand personality yang kuat di dimensi sophistication dan merah pada CIMB Niaga menciptakan brand personality yang kuat di dimensi excitement. Pengujian kedua yaitu uji signifikansi pengaruh brand personality terhadap pembentukkan persepsi atas kualitas jasa (perceived service quality). Hasil uji kedua menunjukkan hasil bahwa brand personality sama-sama berpengaruh signifikan terhadap perceived service quality, dimana brand personality BCA didapati mempunyai pengaruh yang lebih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 277/10 Nus a
Uncontrolled Keywords: TRADE MARKS; INDUSTRIAL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SATRIA BANGUN NUSWANTORO, 040510566UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 23 Feb 2011 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 06:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item