IDENTIFIKASI FOOD dan FEEDING HABITS PADA MASA PENDEDERAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) di INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR PUNTEN , KOTA BATU JAWA TIMUR

Mochamad Rendy Setyo Budi, 141311133196 (2017) IDENTIFIKASI FOOD dan FEEDING HABITS PADA MASA PENDEDERAN IKAN MAS (Cyprinus carpio) di INSTALASI BUDIDAYA AIR TAWAR PUNTEN , KOTA BATU JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.29-17 Bud i ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.29-17 Bud i LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2020.

Download (939kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan budidaya air tawar yang paling banyak dibudidayakan petani, baik pembenihan, pembesaran di kolam pekarangan ataupun air deras. Ikan mas hidup mulai dari perairan di dataran rendah sampai dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1800 mdpl. Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) di IBAT Punten ini adalah untuk mempelajari food dan feeding habits pada masa pendederan ikan mas (Cyprinus carpio) Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 18 Januari hingga 18 Februari 2016 di Punten, Kota Batu, Jawa Timur. Metode kerja yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Kebiasaan dan cara makan individu merupakan faktor paling penting yang menentukan keberhasilan mempertahankan eksistensi suatu organisme karena makanan menyediakan semua nutrisi yang diperlukan oleh organisme untuk tumbuh dan berkembang. Makanan juga berperan dalam menentukan distribusi dan migrasi ikan. Makanan alami biasanya berupa plankton , baik fitoplankton atau zooplankton, kelompok cacing, tumbuhan air, organisme bentos dan ikan maupun organiseme lain yang berukuran lebih kecil daripada organisme yang dipelihara secara ekologis pengelompokan makanan alami sebagai plankton, nekton, benthos, perifiton, epifiton dan neuston, di dalam perairan akan membentuk suatu rantai makanan dan jaringan makanan. Di Instalasi Budidaya Air Tawar Identifikasi food dan feeding habits meliputi persiapan alat dan bahan, penanganan sampel, identifikasi ikan,pembedahan, dan pengamatan menggunakan mikroskop.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.29/17 Bud i
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Mochamad Rendy Setyo Budi, 141311133196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKUSTIAWAN TRI PRASETYO, S.Pi., M.Vet.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Sep 2017 21:54
Last Modified: 19 Sep 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item