TEKNIK PENDEDERAN KERANG ABALON (Haliotis squamata) DI BALAI BESAR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT GONDOL-BALI

NIZAR AFIANSYAH LOEKMAN, 141311133132 (2017) TEKNIK PENDEDERAN KERANG ABALON (Haliotis squamata) DI BALAI BESAR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT GONDOL-BALI. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL_NPKL.PK.BP.32-17 Loe t ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL_NPKL.PK.BP.32-17 Loe t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2020.

Download (898kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang abalon merupakan salah satu komoditas laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi, karena daya jualnya dipasar ekspor sudah terbukti hingga mencapai Rp 600.000,- / kg. Salah satu faktor pengembangan abalon menjadi suatu industri akuakultur di Indonesia disebabkan adanya permintaan konsumsi pasar yang terus meningkat, sementara itu jumlah pasokan produk budidaya masih terbatas dan masih mengandalkan penangkapan dari alam. Tujuan dari Praktek kerja Lapang adalah untuk mengetahui dan mempelajari Teknik Pendederan Kerang Abalon (Haliotis squamata) di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut Gondol-Bali. Kegiatan Praktek Kerja Lapang akan dilaksanakan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut (BBPPBL) Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, Provinsi Bali. Kegiatan dilaksanakan pada 18 Januari 2016 – 18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Pendederan kerang abalon dilaksanakan oleh pihak Hatchery Abalon di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya laut Gondol-Bali meliputi pemanenan juvenile, pemindahan ke keranjang pendederan, pemberian pakan, kualitas air, seleksi kerang abalon dan pemeliharaan. Kualitas pendederan kerang abalon yang dilakukan oleh BBPPBL Gondol-Bali sudah memenuhi standar yang baik untuk budidaya kerang abalon.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.32/17 Loe t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
NIZAR AFIANSYAH LOEKMAN, 141311133132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRAYOGO, S.Pi., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Sep 2017 22:44
Last Modified: 19 Sep 2017 22:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61626
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item