PEMIDANAAN PELAKU JUAL BELI SATWA LIAR YANG DILINDUNGI MELALUI MEDIA SOSIAL

HANA SETIAWATI A, 031514153036 (2017) PEMIDANAAN PELAKU JUAL BELI SATWA LIAR YANG DILINDUNGI MELALUI MEDIA SOSIAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Other (FULLTEXT)
FULLTEXT THD 09-17 Ang p.PDF
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, di Indonesia banyak terjadi kepunahan fauna dan flora. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian satwa-satwa liar yang dilindungi tersebut dan masih banyaknya perburuan liar yang di perjualbelikan melalui media sosial. Pengaturan terhadap sanksi pidana terhadap kejahatan penjualan satwa liar yang dilindungi terlalu ringan sehingga masih banyak terjadi peningkatan kasus penjualan satwa liar yang dilindungi. Pengaturan kasus jual beli satwa liar yang dilindungi melalui media sosial sangat berkaitan dengan ketentuan undang-undang lainnya seperti Undang-undang Perdagangan, Undang-undang Kepabeanan. Namun, masih banyak Hakim yang memutuskan sanksi dari kasus jual beli satwa liar yang dilindungi hanya mengacu pada aturan yang ada dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Dengan undang-undang lain tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan hakim dalam memutus dan menjatuhkan sanksi pidana pada perkara jual beli satwa liar yang dilindungi sehingga akan membuat efek jera pada pelaku. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis karakteristik tindak pidana jual beli satwa liar yang dilindungi melalui media sosial dan menganalisis pertanggungjawaban pidana pelaku jual beli satwa liar yang dilindungi melalui media sosial. Dengan menggunakan metode penelitian normatif serta pendekatan kasus dan pendekatan konseptual.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THD 09/17 Ang p
Uncontrolled Keywords: Pemidanaan, Pelaku, Satwa Liar yang dilindungi, Media Sosial.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
HANA SETIAWATI A, 031514153036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Rahayuningsih, Dr. , S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 20 Sep 2017 00:04
Last Modified: 20 Sep 2017 00:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61640
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item