PENENTUAN CCP (Critical Control Point) PADA PROSES PEMBEKUAN WHOLE ROUND IKAN KERAPU MACAN (Ephinephelusfuscoguttatus) di PT. ALAM JAYA SURABAYA

IKE FEBRIANA, 141311133091 (2017) PENENTUAN CCP (Critical Control Point) PADA PROSES PEMBEKUAN WHOLE ROUND IKAN KERAPU MACAN (Ephinephelusfuscoguttatus) di PT. ALAM JAYA SURABAYA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.37-17 Feb p ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.37-17 Feb p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu (Epinephelus sp.) merupakan komoditas ikan karang yang saat ini dimanfaatkan dalam skala yang cukup besar. Dari jenis-jenis ikan kerapu, ikan kerapu macan memiliki kelebihan dibandingkan ikan kerapu jenis lain. Ikan ini bernilai ekonomis tinggi karena mempunyai daging yang lezat, bergizi tinggi dan mengandung asam lemak tak jenuh. Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) adalah suatu pendekatan sistematis untuk manajemen keamanan pangan berdasarkan prinsip-prinsip yang ada yang bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya-bahaya yang cenderung terjadi pada setiap langkah rantai makanan. Salah satu prinsip HACCP adalah menentukan CCP dengan menggunakan Diagram Pohon Keputusan CCP (Decision Tree). Tujuan praktek kerja lapang adalah untuk mengetahui penentuan CCP (Critical Control Point) pada proses pembekuan whole round ikan kerapu macan (Ephinephelus fuscoguttatus) di PT.Alam Jaya, Surabaya. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Alam Jaya, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 18 Januari–26 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Penentuan CCP berdasarkan adanya bahaya pada proses yang tidak bisa di hilangkan pada proses selanjutnya. Penetapan CCP berdasarkan pengamatan dari setiap proses produksi diketahui bahwa proses penerimaan bahan baku dan metal detektor merupakan CCP.Kendala-kendala yang terdapat pada penentuan CCP antara lain seperti terbatasnya fasilitas pengecekan logam berat dan bahan baku yang dikirim tergantung dengan kondisi alam.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.37/17 Feb p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IKE FEBRIANA, 141311133091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPRAYOGO, S.Pi., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Sep 2017 00:40
Last Modified: 20 Sep 2017 00:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item