EVALUASI SAFETY INSPECTION DAN SAFETY TALK TERHADAP PERILAKU TIDAK AMAN DALAM PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA PLANT DI PT. X KAWASAN GRESIK

CYNINTYA RAHMI CHAIRUNNISA, 101311133121 (2017) EVALUASI SAFETY INSPECTION DAN SAFETY TALK TERHADAP PERILAKU TIDAK AMAN DALAM PENGGUNAAN APD PADA PEKERJA PLANT DI PT. X KAWASAN GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img] Text (Fulltext)
FKM.118.17 Cha e - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.118.17 Cha e - Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahan baku, alat/mesin, hasil produksi dan lingkungan di industri gas dapat menyebabkan dampak keselamatan dan kesehatan para pekerja. APD wajib digunakan untuk mengurangi bahaya yang ada di tempat kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan safety inspection, safety talk dan kepatuhan penggunaan APD di PT. X Kawasan Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 13 pekerja dan 1(satu) HSE Officer. Populasi tersebut adalah semua pekerja shift pagi di Acetylene Plant, Air Separation Plant dan H2, CO2 dan Dry Ice Plant. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan data sekunder. Variabel yang diteliti adalah safety inspection yaitu meliputi penggunaan APD, ketersediaan APD dan kondisi APD, safety talk yaitu meliputi peringatan dan pengecekan kelengkapan APD serta kepatuhan penggunaan APD. Analisis data penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi, selanjutnya menggunakan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan pekerja mayoritas tidak menggunakan APD, ketersediaan APD yang terbatas, banyak kondisi APD yang tidak baik dan tidak layak pakai. HSE Officer melakukan peringatan kelengkapan APD tetapi tidak melakukan pengecekan kelengkapan APD. Kepatuhan penggunaan APD para pekerja plant masih rendah karena dipengaruhi oleh jumlah APD yang tidak sesuai dengan jumlah pekerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rendahnya frekuensi safety inspection dan safety talk, rendahnya kepatuhan pekerja dalam penggunaan APD, ketersediaan APD mempengaruhi kepatuhan penggunaan APD, kondisi APD tidak selalu mempengaruhi kepatuhan penggunaan APD, dan peringatan serta pengecekan kelengkapan APD tidak selalu mempengaruhi kepatuhan penggunaan APD. Sebaiknya perlu meningkatkan frekuensi safety inspection dan safety talk, mengaktifkan fungsi supervisor di setiap plant agar dapat membantu kegiatan safety inspection dan safety talk, memberi sanksi kepada pekerja yang tidak menggunakan APD dan sebelum dilakukannya peringatan dan pengecekan kelengkapan APD, dilakukan safety inspection pada ketersediaan APD dan kondisi APD terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.118.17 Cha e
Uncontrolled Keywords: Safety inspection, safety talk, APD.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
CYNINTYA RAHMI CHAIRUNNISA, 101311133121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCorie Indria Prasasti, , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2017 21:57
Last Modified: 03 Dec 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61673
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item