PENENTUAN CRITICAL CONTROL POINT (CCP) PADA PROSES PRODUKSI REFINED KARAGENAN DI PT. KAPPA CARRAGEENAN NUSANTARA, PASURUAN, JAWA TIMUR

RUSTINA NINGSIH, 141311133003 (2017) PENENTUAN CRITICAL CONTROL POINT (CCP) PADA PROSES PRODUKSI REFINED KARAGENAN DI PT. KAPPA CARRAGEENAN NUSANTARA, PASURUAN, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.44-17 Nin p ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.44-17 Nin p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 26 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumput laut merupakan sumber gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak , serta sumber gizi mikro seperti mineral dan vitamin. Tanaman tersebut mengandung senyawa hidrokoloid, senyawa hidrokoloid merupakan produk dasar dari hasil pengolahan rumput laut. Rumput laut dari Indonesia pada umumnya mengandung tiga senyawa hidrokoloid berbeda yakni alginat, agar dan karagenan. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini untuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam penerapan Critical Control Point (CCP) pada proses produksi karagenan. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di PT. Kappa Carrageenan Nusantara terletak di Desa Kurung, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan pada tanggal 18 Januari -18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang adalah metode wawancara, observasi dan partisipati aktif dan studi pustaka. Perusahaan ini termasuk jenis usaha Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang industri pengolahan rumput laut. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut refined karagenan dan agar. Bahan baku berasal dari Makassar, Madura, dan Nusa Tenggara Barat . Perusahaan tersebut memiliki 40 karyawan. Sumber air yang digunakan dalam proses produksi berasal dari tanah ( Sumur Bor). Perusahaan tersebut belum menerapkan manajamen HACCP sehingga perlu untuk penentuan critical control point dalam proses produksi agar mutu produk yang dihasilkan dapat meningkat dan dapat memasuki pasar internasional. CCP yang terdapat pada proses produksi refined Karagenan yakni pada penerimaan bahan baku .

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.44/17 Nin p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RUSTINA NINGSIH, 141311133003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMoch.Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 25 Sep 2017 22:40
Last Modified: 25 Sep 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61760
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item