TEKNIK PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI UPTD BALAI BENIH IKAN DESA MOJORANU, KECAMATAN DANDER, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR

DWI NOVIA NUR CAHYANI, 141311133046 (2017) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI UPTD BALAI BENIH IKAN DESA MOJORANU, KECAMATAN DANDER, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.50-17 Cah t ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.50-17 Cah t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis Niloticus) merupakan salah satu ikan air tawar yang mudah untuk dikembangkan. Ikan nila mempunyai nilai ekonomis penting dan merupakan salah satu komoditas unggulan ait tawar. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar potensial untuk sumber protein hewani yang dapat dijangkau berbagai lapisan masyarakat. Untuk menunjang keberhasilan usaha budidaya ikan nila, salah satu faktor yang menentukan adalah tersediannya benih yang memenuhi syarat kualitas,maupun kuantitas yang baik. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini yaitu untuk mengetahui dan mempelajari teknik pemijahan ikan nila (Oreochromis niloticus) secara langsung yang dilakukan di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Desa Mojoranu, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Mojoranu, Bojonegoro Jawa Timur pada tanggal 18 Januari sampai tanggal 19 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Kegiatan pembenihan ikan nila (Oreochromis niloticus) meliputi pemeliharaan induk, persiapan kolam pemijahan, persiapan dan seleksi induk, pemijahan, pemeliharaan larva, dan pemanenan benih. Selama pemeliharaan pakan yang diberikan pada ikan nila berupa pellet dan diberikan 3 kali sehari. Pemijahan ikan nila dilakukan secra alami, untuk pemijahan adalah 95 ekor dengan perbandingan 1 : 3. Pemanenan larva dilakukan secara total yaitu dengan cara memindahkan larva di kolam pemeliharaan, kemudian larva ikan tersebut dipelihara selama 1 bulan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.50/17 Cah t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DWI NOVIA NUR CAHYANI, 141311133046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Sep 2017 21:04
Last Modified: 26 Sep 2017 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item