TEKNIK PEMBENIHAN IKAN JAGUAR CICHLID (Parachromis managuensis) di UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR TAWAR UMBULAN, KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR

FAIZ TUFFAH ABIZAKA, 141311133204 (2017) TEKNIK PEMBENIHAN IKAN JAGUAR CICHLID (Parachromis managuensis) di UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR TAWAR UMBULAN, KABUPATEN PASURUAN, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.52-17 Abi t ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.52-17 Abi t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis yang memiliki potensi sumberdaya ikan yang besar. Indonesia juga merupakan surga bagi ikan hias. Sebab, berbagai macam ikan hias yang ada di dunia dapat dengan mudah dipijahkan dan dibesarkan di sini. Salah satunya adalah ikan Jaguar Cichlid. Ikan Jaguar Cichlid berasal dari Amerika. Ikan Jaguar Cichlid dinilai sebagai hama di alam liar karena ikan yang masuk dalam keluarga Cichlidae ini merupakan termasuk salah satu predator yang agresif. Spesies ini dibudidayakan karena memiliki pola pertahanan diri yang indah sehingga popular di kalangan pecinta ikan hias. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan dalam kegiatan pembenihan ikan Jaguar Cichlid (Parachromis managuensis) dengan membandingkan teori dan penerapan di lapangan. Teknik pembenihan ikan Jaguar Cichlid meliputi dari pengadaan induk, seleksi induk, pemijahan, penanganan telur, pemeliharaan larva dan pemanenan benih. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Unit Pelaksanaan Teknis Pengembangan Budidaya Air Tawar (UPT PBAT) Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 18 Januari-18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari Praktek Kerja Lapang Teknik Pembenihan Ikan Jaguar Cichlid (Parachromis managuensis) di Unit Pelaksanan Teknis Pengembangan Budidaya Air Tawar Umbulan, Pasuruan, Jawa Timur adalah induk Jaguar Cichlid yang dipelihara sebanyak 312 dengan berat rata-rata 60 gr/ekor. Pemeliharaan induk ikan Jaguar Cichlid kolam beton dengan sistem air mengalir. Pemeliharaan larva menggunakan wadah berupa akuarium berukuran 80 x 50 x 40 cm² dengan ketinggian air 25 cm dan padat tebar 100 ekor. Pemeliharaan benih yang berukuran 1 cm dilakukan di wadah berupa kolam beton berukuran 840x260x100cm2. Kualitas perairan di lokasi menunjukkan nilai DO 6,6-7,1 mg/l, nitrit 0 pm dan nitrat 10 ppm, pH 6,5-7, dan suhu 28-36oC. Pakan yang diberikan berupa pelet komersil. Pemijahan ikan Jaguar Cichlid dilakukan secara alami dengan perbandingan induk jantan dan betina 1:3. Selama kegiatan pemeliharaan ditemukan hama ular, dan biawak. Penyakit yang ditemukan pada budidaya ikan Jaguar Cichlid masih belum dapat teridentifikasi.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.52/17 Abi t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FAIZ TUFFAH ABIZAKA, 141311133204UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorANNUR AHADI ABDILLAH, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Sep 2017 21:52
Last Modified: 26 Sep 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item