ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT JALAN RSU HAJI SURABAYA

SATRIA SANDIANTO, 101424253010 (2017) ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT JALAN RSU HAJI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS SATRIA SANDIANTO 101424253010.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB)

Abstract

Stres kerja banyak terjadi pada karyawan di bidang kesehatan, namun perawat memiliki tingkat risiko stres yang lebih tinggi. Stres kerja pada perawat disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah beban kerja. Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Surabaya adalah rumah sakit milik pemerintah Provinsi Jawa Timur dan merupakan salah satu rumah sakit rujukan regional di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh dengan stres kerja pada perawat di instalasi rawat jalan RSU Haji Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain cross sectional dan dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Variabel independen antara lain faktor kapasitas kerja (umur, jenis kelamin, pendidikan) dan faktor tuntutan kerja (beban kerja fisik, beban kerja mental, lama waktu pelayanan, masa kerja). Variabel dependen yaitu kelelahan kerja dan stres kerja. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 26 perawat instalasi rawat jalan. Hasil analisis regresi logistik menunjukan kelelahan kerja dan beban kerja mental berpengaruh signifikan terhadap stres kerja dan beban kerja mental merupakan faktor dominan yang berpengaruh terhadap stres kerja dengan nilai odds ratio sebesar 22,3. Hasil tersebut menunjukan bahwa perawat dengan beban kerja mental tinggi berisiko 22,3 kali mengalami stres kerja sedang dibandingkan perawat yang memiliki beban kerja mental agak tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, diberikan rekomendasikan antara lain untuk meningkatkan kerjasama antara instalasi rawat jalan dengan unit kerja lainnya yang terkait agar pelayanan pasien lebih optimal, meningkatkan kerjasama antara sesama perawat, perawat dengan atasan dan perawat dengan tenaga kesehatan lainnya di instalasi rawat jalan, meningkatkan pelaksanaan komitmen untuk bekerja tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan kepada seluruh tenaga kesehatan, mempertimbangkan penggunaan display information untuk antrian agar pasien bisa mengontrol antrian sehingga perawat bisa lebih fokus pada pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 26/17 San a
Uncontrolled Keywords: perawat, beban kerja mental, kelelahan kerja, stres kerja
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SATRIA SANDIANTO, 101424253010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAbdul Rohim Tualeka, Dr., Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2017 21:39
Last Modified: 26 Sep 2017 21:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item