PEMERIKSAAN EKTOPARASIT PADA IKAN NILA MERAH NILASA (Oreochromis niloticus) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN BUDIDAYA CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

RYAN ADHI TRIATMAJA, 141311133230 (2017) PEMERIKSAAN EKTOPARASIT PADA IKAN NILA MERAH NILASA (Oreochromis niloticus) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS BALAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN BUDIDAYA CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.56-17 Tri p ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.56-17 Tri p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merah nilasa Oreochromis niloticus adalah hasil pemuliaan yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya. Nilasa mempunyai keunggulan antara lain pertumbuhan cepat dan seragam, daging tebal, dapat hidup dalam kondisi dengan kepadatan tinggi, tahan terhadap penyakit, mampu hidup pada suhu tinggi yaitu 38°C, toleransi terhadap DO rendah (0,127 mg/L) dan salinitas 10 ppm (payau). Ikan nila merah nilasa memiliki ciri–ciri yaitu sisiknya berwarna merah mengkilap, bentuk tubuhnya agak membulat dibandingkan dengan ikan nila jenis lainnya. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 18 Januari sampai 26 Februari 2016. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui cara pemeriksaan ektoparasit yang terdapat pada ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) dan untuk mengidentifikasi jenis ektoparasit secara makroskopis dan mikroskopis pada ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) di Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode pengambilan data antara lain data primer, wawancara, partisipasi aktif, dan observasi. Hasil laporan Praktek Kerja Lapang ini adalah Pemeriksaan ektoparasit yang dilakukan secara makroskopis dan mikroskopis. Pemeriksaan ektoparasit pada ikan nila merah yang ditemukan Trichodina sp., Gyrodactylus sp., Dactylogyrus sp.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.56/17 Tri p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RYAN ADHI TRIATMAJA, 141311133230UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Subekti, Dr., drh., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Sep 2017 23:00
Last Modified: 26 Sep 2017 23:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61796
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item