TEKNIK PEMBUATAN PAKAN IKAN NILA JATIMBULAN (Oreochromis niloticus) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR TAWAR UMBULAN KABUPATEN PASURUAN, PROPINSI JAWA TIMUR

MUHAMMAD AIMAN YUDARANA, 141311133169 (2017) TEKNIK PEMBUATAN PAKAN IKAN NILA JATIMBULAN (Oreochromis niloticus) DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGEMBANGAN BUDIDAYA AIR TAWAR UMBULAN KABUPATEN PASURUAN, PROPINSI JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.61-17 Yud t ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.61-17 Yud t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (937kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan nila merupakan ikan yang sangat populer dibudidayakan, dengan keunggulan yaitu cara membudidayakannya mudah, tahan terhadap penyakit, memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Ikan nila Jatimbulan (Oreochromis niloticus) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang menjadi kegemaran masyarakat Jawa Timur khususnya dan masyarakat lain di Indonesia pada umumnya. Keberhasilan suatu usaha budidaya sangat ditentukan oleh tiga faktor yaitu bibit (breeding), pakan (feeding), dan manajemen. Pakan merupakan salah satu faktor pembatas dalam unit budidaya. Pertumbuhan dan perkembangan serta kelangsungan hidup biota budidaya tergantung dari pakan. Permasalahan yang sering menjadi kendala yaitu penyediaan pakan buatan ini memerlukan biaya yang relatif tinggi, bahkan mencapai 60–70% dari komponen biaya produksi. Umumnya harga pakan ikan yang terdapat di pasaran relatif mahal. Alternatif pemecahan yang dapat diupayakan adalah dengan membuat pakan buatan sendiri melalui teknik sederhana dengan memanfaatkan sumber-sumber bahan baku yang relatif murah. Atas dasar uraian pelaksanaan Praktek Kerja Lapang ini digunakan untuk membuat pakan ikan dengan komposisi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ikan nila Jatimbulan dengan memanfaatkan bahan baku yang relatif lebih murah. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah mempelajari teknik pembuatan pakan ikan nila jatimbulan di Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Budidaya Air Tawar Umbulan Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di UPT PBAT Umbulan pada tanggal 15 Januari–26 Februari 2016. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data ini dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka.Teknik pembuatan pakan yang dilakukan di UPT PBAT Umbulan dimulai dari persiapan pembuatan pakan, penghalusan bahan pakan, pencampuran awal, pencetakan (pelleting), pengeringan, pengemasan, dan aplikasi terhadap ikan nila Jatimbulan (Oreochromis niloticus).

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.61/17 Yud t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD AIMAN YUDARANA, 141311133169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuni Triastuti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Sep 2017 16:55
Last Modified: 27 Sep 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61814
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item