THE FULL OUTLINE OF UNRESPONSIVENESS (FOUR) SCORE AWAL SEBAGAI PREDIKTOR KELUARAN KLINIS PERDARAHAN INTRASEREBRAL (PIS) AKUT PADA 30 HARI ONSET

Andina Yuliani, dr, NIM011180301 (2017) THE FULL OUTLINE OF UNRESPONSIVENESS (FOUR) SCORE AWAL SEBAGAI PREDIKTOR KELUARAN KLINIS PERDARAHAN INTRASEREBRAL (PIS) AKUT PADA 30 HARI ONSET. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (full text)
tesis dr andina.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (2MB)

Abstract

Perdarahan intraserebral (PIS) adalah penyebab kematian dan kecacatan terbanyak akibat belum adanya terapi yang adekuat. Case Fatality Rate (CFR) pada pasien PIS adalah 40 %. Didapatkan 1 dari 2 pasien yang survive serta mandiri dalam 1 tahun. Perdarahan intraserebral (PIS) adalah kondisi gawat darurat medis, maka dari itu menentukan prognosis pada pasien dengan PIS adalah hal yang penting. Tujuan dari penelitian ini adalah Memperkenalkan FOUR score sehingga dapat menjadi suatu alternatif skala klinis yang dapat digunakan pada pasien PIS dengan dan tanpa penurunan kesadaran, tidak hanya mengevaluasi keluaran kematian setelah PIS namun juga keluaran klinis lain, reliabel dan mudah untuk digunakan di UGD serta dapat diaplikasikan pada daerahdaerah perifer yang belum tersedia CT scan Metode Studi kohort prospektif dilakukan pada 64 pasien stroke PIS Akut yang datang ke IRD RSUD Dr. Soetomo sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Dilakukan pemeriksaan klinis neurologis, laboratorium dan CT scan kepala tanpa kontras. Dilakukan penilaian dengan skala FOUR pada saat awal masuk dan dinilai keluaran klinisnya dengan Glasgow Outcome Scale (GOS) pada hari ke 30 onset. Dilakukan analisis dengan Chi Square untuk melihat adanya hubungan antara FOUR score awal dengan keluaran klinis pada hari ke 30 setelah onset PIS. Hasil Didapatkan hubungan yang bermakna antara variabel hasil pemeriksaan FOUR Score dengan keluaran klinis (GOS) pasien perdarahan interserbal dengan nilai p value 0,000 (< 0,05). Nilai odds ratio (OR) tercatat adalah 36.00 (95%CI 4.378-296.016) yang berarti bahwa pasien dengan FOUR Score rendah kemungkinan mendapatkan hasil keluaran klinis buruk adalah 36 kali dibandingkan dengan pasien dengan FOUR Score tinggi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.NEU 08/17 Yul f
Uncontrolled Keywords: FOUR Score; Perdarahan intraserebral (PIS) ;Prediktor keluaran klinis.
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Andina Yuliani, dr, NIM011180301NIM011180301
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYudha Haryono, dr., Sp.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 18:16
Last Modified: 27 Sep 2017 18:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item