MANAJEMEN KUALITAS AIR PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei ) DENGAN METODE ZERO WASTE PADA SISTEM INTENSIF DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO, PROVINSI JAWA TIMUR

SRI UTAMI, 141311133065 (2017) MANAJEMEN KUALITAS AIR PEMBESARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei ) DENGAN METODE ZERO WASTE PADA SISTEM INTENSIF DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN SIDOARJO, PROVINSI JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.66-17 Uta m ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.66-17 Uta m LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang vanamei atau yang sering disebut udang putih (white shrimp) merupakan salah satu udang yang banyak di budidayakan karena pertumbuhannya cepat, dapat di budidayakan dengan kepadatan yang tinggi, dan mempunyai harga pasar yang cukup tinggi. Metode yang digunakan di Tambak Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo adalah metode zero waste. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah mempelajari manajemen kualitas air pada pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) dengan metode zero waste pada sistem intensif. Serta mengetahui dan memahami keuntungan dan hambatan dalam penerapan teknologi zero waste pada pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) di Politeknik Kelautan dan Perikanan, Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari sampai 26 Februari 2016 di Politeknik Kelautan dan Perikanan, Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Manajemen kualitas air pada pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) meliputi parameter fisika, parameter kimia, dan parameter biologi. Untuk mempertahankan kualitas air pada pemeliharaan pembesaraan udang vannamei melalui metode zero waste dilakukan dengan menyipon lumpur dasar tambak yang disalurkan ke tambak ikan bandeng. Penyiponan dilakukan setelah udang vannamei pada umur 20 hari sampai panen. Adanya penyiponan dengan metode zero waste memberikan keuntungan dengan tidak terjadinya adanya pengendapan lumpur didasar perairan akibat dari sisa feses dan sisa pakan udang yang menyebabkan terjadinya kualitas air menurun, sehingga kualitas air dapat terkendali. Serta hasil buangan tersebut dapat dimanfaatkan pada tambak ikan bandeng (Chanos chanos) dengan tumbuhnya pakan alami berupa klekap didasar perairan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.66/17 Uta m
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SRI UTAMI, 141311133065UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLaksmi Sulmartiwi, Dr., S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Sep 2017 18:46
Last Modified: 27 Sep 2017 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item