PROSES PRODUKSI KOLAGEN DARI KULIT IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sp.) DI BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN HASIL PERIKANAN, DKI JAKARTA

ANANDITA PERWITA KURNIAWAN, 141311133243 (2017) PROSES PRODUKSI KOLAGEN DARI KULIT IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus sp.) DI BALAI BESAR PENGUJIAN PENERAPAN HASIL PERIKANAN, DKI JAKARTA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.67-17 Kur p ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.67-17 Kur p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kolagen juga merupakan komponen serat utama dalam tulang, gigi, tulang rawan, lapisan kulit dalam (dermis), tendon (urat daging) dan tulang rawan yang terdapat pada hewan vertebrata. Kolagen juga dapat dimanfaatkan dalam bidang farmasi, aplikasi kolagen seperti kosmetik (krim kulit, shampo, produk-produk perawatan rambut, cat kuku), dan medis (material benang bedah, perbaikan katup prostensis, dan perbaikan selaput mata). Tujuan dari Praktek Kerja Lapang adalah untuk mengetahui dan mempelajari proses produksi kolagen dari kulit ikan kakap merah (Lutjanus sp.), jumlah rendemen yang dapat diperoleh dari kulit ikan kakap merah dan mengetahui prospek usaha kolagen. Prakek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan, DKI Jakarta pada tanggal 18 Januari 2016-15 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliput idata primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP) adalah unit pelaksana teknis di bidang pengujian penerapan hasil perikanan, yang berada di bawah dan tanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tahapan produksi kolagen dari kulit ikan kakap merah merah diantaranya proses pemotongan kulit ikan, penimbangan kulit, pencucian kulit ikan, Degreasing (penghilangan pengotor dan protein non-kolagen), netralisasi pH, ekstraksi asam asetat, presipitasi hasil ekstraksi, sentrifugasi, pemurnian kolagen basah, liofilisasi, serta penghalusan serbuk kolagen. Rendemen yang dihasilkan dari kulit ikan kakap sebesar 40% dan prospek usahanya yaitu dengan harga jual Rp. 100.000,00 per 10 gram.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.67/17 Kur p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANANDITA PERWITA KURNIAWAN, 141311133243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Sep 2017 19:05
Last Modified: 27 Sep 2017 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item