APLIKASI REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU RUMAH TANGGA MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)

ALVITA BRILLIANA RAHMAWATI ARAFAH, 101311133208 (2017) APLIKASI REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU RUMAH TANGGA MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img] Text (Fulltext)
FKM. 137-17 Ara p - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 137-17 Ara p abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Regresi logistik multinomial merupakan analisis regresi logistik yang menggunakan variabel dependen yang bersifat polikotomus atau multinomial (lebih dari dua kategori berskala nominal Model statistik ini diaplikasikan pada perilaku SADARI ibu rumah tangga. Berkaitan dengan semakin meningkatnya angka kematian penyakit kanker payudara, maka penelitian ini dilakukan untuk menerapkan analisis regresi logistik multinomial untuk memprediksi faktor yang mempengaruhi perilaku pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada ibu rumah tangga berusia 40-50 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study. Subyek penelitian ini berjumlah 100 orang ibu rumah tangga di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Variabel independen penelitian adalah faktor internal (pendidikan, pengetahuan, sikap), faktor informasi (ketersediaan tenaga informan, ketersediaan media, aksesibilitas informasi), dan faktor eksternal (dukungan suami, dukungan teman/tetangga, dan dukungan penyedia layanan kesehatan). Hasil penelitian ini menunjukkan variabel yang berpengaruh terhadap perilaku SADARI pada ibu rumah tangga yaitu sikap (p=0,000), keikutsertaan penyuluhan (p=0,010), aksesibilitas informasi (p=0,000), dan dukungan penyedia layanan kesehatan (p=0,010). Mayoritas ibu rumah tangga menunjukkan sikap yang baik dan mendukung terhadap SADARI. Di daerah sekitar tempat tinggal ibu rumah tangga akses untuk mendapatkan informasi mudah. Ibu rumah tangga kebanyakan tidak mengikuti penyuluhan mengenai SADARI. Dukungan untuk melakukan SADARI juga tidak didapatkan ibu rumah tangga dari penyedia layanan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, puskesmas perlu melakukan peningkatan dukungan melalui sinergi yang positif dengan stakeholder, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, kader kesehatan dalam penyampaian informasi mengenai SADARI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 137-17 Ara p
Uncontrolled Keywords: regresi logistik multinomial, perilaku SADARI, ibu rumah tangga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ALVITA BRILLIANA RAHMAWATI ARAFAH, 101311133208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHari Basuki Notobrotos, Dr., dr., M.KeUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2017 22:04
Last Modified: 03 Dec 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item