ANALISIS KINERJA PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS

VIDA INDIRA PUSPITA, 101311133135 (2017) ANALISIS KINERJA PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 139-17 Pus a - abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 139-17 Pus a - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Trend angka Gross Death Rate (GDR) RSU Haji Surabaya cenderung meningkat dari tahun 2012 hingga tahun 2015, yaitu tahun 2012 ke tahun 2013 naik 0,11, tahun 2013 ke tahun 2014 naik 0,05, tahun 2014 ke tahun 2015 naik 0,06, dan tahun 2015 ke tahun 2016 turun 0,16. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan instalasi rawat inap RSU Haji Surabaya dengan pendekatan Theory Of Constraint sehingga dapat meminimalkan kendala dan trend angka GDR tidak meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional deskriptif dengan rancang bangun cross sectional. Sampel yang diambil sebesar 56 perawat. subjek ditarik dari populasi yang homogen dan mempunyai peluang yang sama dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang berisi tentang resources constraint, market resources dan balanced constraint. Resources constraint terdiri dari beban kerja, sikap petugas, kelengkapan sarana dan prasarana, kelengkapan alat medis dan non medis, jumlah petugas, kerusakan alat medis dan non medis. Market resources terdiri dari kecepatan pelayanan, kesesuaian SOP, informasi dan lingkungan. Sedangkan balanced constraint terdiri dari teamwork. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi kendala adalah dari resources constraint yaitu beban kerja tidak seimbang, kelengkapan sarana dan prasarana kurang, kelengkapan alat medis dan non medis kurang, dan kekurangan jumlah perawat. Kendala yang ada tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja pelayanan di instalasi rawat inap RSU Haji Surabaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja pelayanan perawat di instalasi rawat inap RSU Haji Surabaya tidak dipengaruhi langsung dengan adanya hambatan di dalamnya, tetapi hambatan yang terjadi bisa mempengaruhi sistem lain yang ada. Hambatan dapat diminimalisir atau dihilangkan sehingga trend angka GDR dapat turun dari tahun ke tahun. Saran yang diberikan adalah melakukan evaluasi kinerja secara rutin, meningkatkan kelengkapan alat medis dan non medis, meingkatkan sarana dan prasarana serta menambah dan memaksimalkan SDM yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.139.17 Pus a
Uncontrolled Keywords: kinerja rumah sakit, GDR, theory of constraint
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
VIDA INDIRA PUSPITA, 101311133135UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSetya Haksama, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2017 22:06
Last Modified: 03 Dec 2017 22:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61837
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item