HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL DAN TINGKAT MONOTONITAS DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PACKER DAN LOADER PT. SEMEN INDONESIA (Persero) TBK. TUBAN

Oleh: INTAN SULISTYANA MUSTIKA SUCI, 101311133049 (2017) HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL DAN TINGKAT MONOTONITAS DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA PACKER DAN LOADER PT. SEMEN INDONESIA (Persero) TBK. TUBAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.130.17 Suc h - Abstrak.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.130.17 Suc h - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Terdapat beberapa faktor penyebab stres diantaranya adalah beban kerja mental dan pekerjaan yang monoton. Pekerjaan di bagian packer dan loader PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Tuban memiliki target produksi yang harus dicapai dan tuntutan waktu yang dapat menjadi beban mental penyebab terjadinya stres kerja. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan beban kerja mental dan tingkat monotonitas dengan stres kerja di bagian packer dan loader. Penelitian ini merupakan penelitian obervasional deskriptif yang dilakukan ke semua pekerja packer dan loader PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Tuban dengan jumlah 20 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman untuk data ordinal, data interval dan uji coefficient contingency untuk skala data nominal. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kuat antara beban kerja mental dengan stres kerja (c= 0,630) dan hubungan rendah antara tingkat monotonitas dengan stres kerja (c=0,399). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa beban kerja mental memiliki hubungan kuat dengan stres kerja di bagian packer dan loader, sehingga disarankan bagi perusahaan untuk melakukan pemeriksaan psikologis untuk mengetahui kondisi stres pekerja sebelum melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.130.17 Suc h
Uncontrolled Keywords: stres kerja, beban kerja mental, tingkat monotonitas, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Tuban
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Oleh: INTAN SULISTYANA MUSTIKA SUCI, 101311133049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNoeroel Widajati, Dr., S.KM.,M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2017 18:57
Last Modified: 04 Dec 2017 18:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61859
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item