PEMERIKSAAN EKTOPARASIT PADA IKAN NILEM (Osteochilus hasselti) DI SATUAN KERJA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, MAGELANG-JAWA TENGAH.

DEVI RETNO WULANDARI, 141311133043 (2017) PEMERIKSAAN EKTOPARASIT PADA IKAN NILEM (Osteochilus hasselti) DI SATUAN KERJA PERBENIHAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR NGRAJEK, MAGELANG-JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.76-17 Wul p ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.76-17 Wul p LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2020.

Download (978kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Nilem sebagai komoditas perikanan memiliki beberapa keunggulan baik dari aspek ekonomi budidaya maupun kelestarian lingkungan dan ikan Nilem menjadi produk unggulan.Potensi budidaya ikan Nilem di Pulau Jawa sangat besar. Beberapa wilayah seperti Eks Karesidenan Priangan Timur dan Eks Karesidenan Banyuwangi merupakan sentra produksi ikan Nilem yang memiliki perkembangan produksi cukup baik. Salah satu masalah atau kendala yang dihadapai dalam budidaya ikan Nilem salah satu nya adalah timbul penyakit yang disebabakn oleh ektoparasit. Parasit adalah organisme yang hidup pada organisme lain dan mendapatkan keuntungan dari hasil simbiosenya sedangkan organisme yang ditumpanginya disebut dengan inang akan dirugikan. Berdasarkan habitatnya, parasit dibedakan atas ektoparasit dan endoparasit. Ektoparasit adalah parasit yang hidup pada permukaan tubuh inang, sedangkan endoparasit adalah parasit yang ditemukan pada organ bagian dalam inang. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui metode pemeriksaan ektoparasit pada ikan Nilem dan mengetahui jenis ektoparasit yang meyerang ikan Nilem. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini yaitu metode secara langsung dengan pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Satuan Kerja Perbenihan Budidaya Ikan Air Tawar (SATKER PBIAT) Ngrajek, Magelang-Jawa Tengah pada tanggal 18 Januari hingga 18 Februari 2016. Hasil Praktek Kerja Lapang yang telah dilakukan, mengidentifikasi ektoparasit pada ikan Nilem dengen metode natif yaitu scrapping pada permukaan tubuh atau kulit dan organ insang pada filament insang. Parasit yang ditemukan pada pemeriksaan ikan Nilem adalah Trichodina danIchtyophtyrius dengan prevalensi masing-masing 40% dan 59,97%.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.76/17 Wul p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEVI RETNO WULANDARI, 141311133043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Sep 2017 23:36
Last Modified: 27 Sep 2017 23:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item