HUBUNGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DAN INFEKSI CACING TAMBANG DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA PENAMBANG PASIR TRADISIONAL DI DESA PRONOJIWO KECAMATAN PRONOJIWO KABUPATEN LUMAJANG

SYAHID KINAYUNG WIDYAJI, 101311233048 (2017) HUBUNGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA DAN INFEKSI CACING TAMBANG DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA PENAMBANG PASIR TRADISIONAL DI DESA PRONOJIWO KECAMATAN PRONOJIWO KABUPATEN LUMAJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.150.17 Wid h - Abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.150.17 Wid h - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anemia merupakan salah satu masalah yang ada di Indonesia hingga saat ini terutama pada masyarakat dengan status sosial ekonomi yang rendah. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya anemia, diantaranya ketahanan pangan rumah tangga dan infeksi cacing tambang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan ketahanan pangan rumah tangga dan infeksi cacing tambang dengan kejadian anemia pada penambang pasir tradisional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan besar sampel sebanyak 58 orang di Desa Pronojiwo Kabupaten Lumajang, diambil secara acak menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner meliputi FFQ, food recall 2x24 jam, HDDS, US-HFSSM, pemeriksaan tinja dengan metode langsung, dan pemeriksaan hemoglobin dengan alat Easy Touch GCHb. Analisis data yang digunakan adalah fisher’s exact test dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81% rumah tangga dalam rawan pangan, 81% asupan protein tidak adekuat, 82,8% asupan zat besi tidak adekuat, 0% mengalami infeksi cacing tambang, dan 37,9% mengalami anemia. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara asupan protein dengan kejadian anemia (p=0,039). Sebaliknya tidak terdapat hubungan antara ketahanan pangan rumah tangga (p=0,347) dan asupan zat besi (p=0,290) dengan kejadian anemia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah asupan protein yang rendah dapat meningkatkan proporsi terjadinya anemia. Asupan protein pada penambang pasir tradisional mayoritas rendah sehingga dianjurkan untuk meningkatkan jumlah konsumsi dan konsumsi makanan yang beragam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.150.17 Wid h
Uncontrolled Keywords: anemia, penambang pasir tradisional, ketahanan pangan rumah tangga, infeksi cacing tambang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SYAHID KINAYUNG WIDYAJI, 101311233048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTrias Mahmudiono, S.KM.,M.PH.(Nutr),GCAS,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 16:08
Last Modified: 05 Dec 2017 16:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61886
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item