EVALUSI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN BENGKEL KONTRUKSI PLAT 1 DAN KANTOR GENERAL ENGINEERING (Studi Divisi Rekayasa Umum PT. PAL Indonesia)

BERY ROMADHON, 101311133138 (2017) EVALUSI SISTEM PROTEKSI KEBAKARAN BENGKEL KONTRUKSI PLAT 1 DAN KANTOR GENERAL ENGINEERING (Studi Divisi Rekayasa Umum PT. PAL Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.153.17 Rom e - Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKM. 153-17 Rom e.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebakaran merupakan kejadian yang mengakibatkan kerugian berupa nyawa atau harta benda serta dapat terjadi dimana saja. Salah satu kebakaran yang paling fatal adalah yang terjadi di sektor industri karena hal ini mengganggu kelangsungan kegiatan operasional dan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi potensi kebakaran dan evaluasi sistem proteksi kebakaran di Bengkel kontruksi plat 1 dan Kantor GE PT. PAL Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dan jenis penelitian observasional. Observasi lapangan terhadap alat dan sarana proteksi kebakaran menggunakan lembar checklist mengacu pada peraturan nasional dan internasional. Wawancara dilakukan kepada informan penelitian terdiri atas 4 karyawan yaitu Ka biro dan K3LH, Ketua Regu dan staf Satuan Pemadam kebakaran. Hasil penelitian ini menunjukkan PT. PAL Indonesia telah melakukan identifikasi bahaya. Bengkel kontruksi plat 1 dan kantor GE sudah melakukan pengendalian dalam bentuk sistem proteksi kebakaran. Manajemen tanggap darurat mendapat nilai kesesuaian sebesar 100% yang berarti adalah baik. Namun, untuk sistem proteksi kebakaran aktif (54%), akses dan pasokan air untuk pemadam kebakaran (60%), sistem proteksi kebakaran pasif (20%) dan sarana penyelamatan jiwa (47%) termasuk dalam kategori cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat potensi risiko kebakaran yang termasuk dalam klasifikasi kelas A, B dan C. Berdasarkan klasifikasi tersebut maka dilakukan upaya pengendalian berupa pemasangan sistem proteksi kebakaran, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih ada komponen yang belum maksimal seperti sistem proteksi aktif yang tidak memenuhi syarat standar nasional Indonesia dan standar internasional. Perawatan secara berkala sebaiknya dilakukan terhadap peralatan proteksi kebakaran dan melakukan pemasangan sprinkler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.153.17 Rom e
Uncontrolled Keywords: potensi kebakaran, pengendalian kebakaran, sistem proteksi kebakaran.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
BERY ROMADHON, 101311133138UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNoeroel Widajati, Dr., S.KM.,M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 16:11
Last Modified: 08 Mar 2018 23:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61890
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item