PERBEDAAN KADAR ASAM LAKTAT DALAM DARAH SEBELUM DAN SESUDAH BEKERJA (Studi Pada Pekerja Bekisting Proyek Apartemen Gunawangsa Tidar Superblock di PT PP (Persero) Tbk.)

IRMA HIDAYAH, 101411123104 (2017) PERBEDAAN KADAR ASAM LAKTAT DALAM DARAH SEBELUM DAN SESUDAH BEKERJA (Studi Pada Pekerja Bekisting Proyek Apartemen Gunawangsa Tidar Superblock di PT PP (Persero) Tbk.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.165.17 Hid p - Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.165.17 Hid p - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelelahan kerja adalah suatu mekanisme perlindungan tubuh untuk menghindari kerusakan lebih lanjut sehingga terjadi pemulihan setelah istirahat. Hal ini dapat terjadi karena penumpukan asam laktat akibat kontraksi otot secara terus menerus. Salah satu pekerjaan di Proyek Apartemen Gunawangsa Tidar Superblock di PT PP (Persero) Tbk. yang dapat menyebabkan kelelahan adalah pekerjaanbekisting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kadar asam laktat dalam darah sebelum dan sesudah bekerja pada pekerja bekisting Proyek Apartemen Gunawangsa Tidar Superblock di PT PP (Persero) Tbk. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional study. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan wawancara, serta pengukuran kadar asam laktat dalam darah terhadap 30 pekerja bekisting. Alat yang digunakan adalah lembar kuesioner dan Accutrend Plus Merk Roche. Dalam penelitian ini variabel bebas adalah bekerja sedangkan variabel terikat adalah kadar asam laktat dalam darah. Data diuji dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar asam laktat dalam darah responden sebelum dan sesudah bekerja yaitu 0,263 mmol/l dan 0,883 mmol/l. Kadar asam laktat dalam darah responden sebelum dan sesudah bekerja yang melebihi nilai ambang batas yaitu 3,3% dan 16,7%. Berdasarkan uji statistik Wilcoxon Signed Ranks Test, diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.001. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kadar asam laktat dalam darah sebelum dan sesudah bekerja. Saran yang dapat diberikan untuk PT PP (Persero) Tbk. adalah monitoring kesehatan pekerja dan pengawasan sikap kerja, penggunaan alat kerja, metode kerja, dan lingkungan kerja yang dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kelelahan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.165.17 Hid p
Uncontrolled Keywords: asam laktat dalam darah, kelelahan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
IRMA HIDAYAH, 101411123104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMulyono, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 16:48
Last Modified: 05 Dec 2017 16:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item