ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya)

INTAN AYU NINGKISWARI, 101311133083 (2017) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.182.17 Nin a - Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.182.17 Nin a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Survei pendahuluan yang dilaksanakan pada karyawan Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya menunjukkan rendahnya pengetahuan responden terhadap kegiatan yang diadakan RSMU Surabaya sebesar 52,8% dan diketahui sebesar 29,8% responden tidak melakukan Senyum Salam dan Sapa (3S) ketika pertama kali berhadapan dengan pasien. 3S diwajibkan untuk semua karyawan karena RSMU Surabaya memiliki motto Care and Smile. Rendahnya pengetahuan karyawan terhadap kegiatan organisasi dapat disebabkan karena kepuasan kerja yang rendah maupun rendahnya komitmen karyawan terhadap organisasi. Kepuasan kerja dan komitmen karyawan berkaitan dengan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan RSMU Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan analitik dan menggunakan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 62 karyawan RSMU Surabaya dipilih menggunakan metode simple random sampling. Data kepuasan kerja dan komitmen karyawan diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Sedangkan data kinerja karyawan diperoleh dari data sekunder RSMU Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan RSMU Surabaya memiliki kepuasan kerja yang tinggi dan komitmen yang tinggi pula terhadap organisasi. Mayoritas kinerja karyawan RSMU Surabaya tergolong baik. Hasil analisis uji regresi logistik univariat (α=0,05) menunjukkan adanya pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi sebesar 0,0002 dan komitmen karyawan juga berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi sebesar 0,0002. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh kepuasan kerja dan komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan RSMU Surabaya. Semakin tinggi tingkat kepuasan kerja dan komitmen karyawan cenderung memiliki kinerja yang baik. Pihak manajemen RSMU Surabaya dapat meninjau kembali indikator penilaian kinerja dan menambahkan indikator yang bersifat objektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.182.17 Nin a
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, komitmen karyawan, kinerja karyawan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
INTAN AYU NINGKISWARI, 101311133083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 17:36
Last Modified: 05 Dec 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61935
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item