RANCANGAN BLUE OCEAN STRATEGY DALAM RANGKA PENINGKATAN JUMLAH DEBITUR PINJAMAN BRIGUNA PT. BRI (PERSERO) Tbk. KANCA BOJONEGORO

JUNIAR RACHMAN, 041424353033 (2017) RANCANGAN BLUE OCEAN STRATEGY DALAM RANGKA PENINGKATAN JUMLAH DEBITUR PINJAMAN BRIGUNA PT. BRI (PERSERO) Tbk. KANCA BOJONEGORO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
TESIS JUNIAR IR.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2020.

Download (2MB)

Abstract

Terbukanya peluang bisnis kredit konsumtif di Indonesia membuat semakin banyak bank berlomba - lomba untuk masuk didalamnya. BRI sebagai salah satu bank besar di Indonesia turut serta ambil bagian didalamnya dengan tujuan salah satunya adalah memperbesar pendapatan khususnya dari bunga pinjaman. Salah satu produk yang diunggulkan BRI adalah BRIGUNA, dan BRI Cabang Bojonegoro adalah salah satu cabang pengelola Briguna terbesar di Wilayah Kerja Kanwil BRI Surabaya. Kinerja briguna BRI Bojonegoro cukup baik dengan peningkatan Oustanding pinjaman selama periode 2012 – 2016, namun hal ini tidak diikuti dengan peningkatan jumlah debitur. Terjadi penurunan jumlah debitur secara signifikan selama periode tersebut. Penelitian ini mencoba membuat rancangan alternatif strategi dengan menggunakan konsep Blue Ocean Strategy untuk mengatasi persoalan tersebut dengan melihat aset yang dimiliki BRI dibanding bank pesaing terdekat dalam pelayanan kredit konsumtif. Menggunakan 4 tahap dalam Blue Ocean Strategy, peneliti mengidentifikasi faktor – faktor apa yang harus Dihapuskan, Dikurangi, Ditingkatkan dan Diciptakan dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan jumlah debitur Briguna Kanca Bojonegoro. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan metode indepth interview kepada nasabah Briguna baik yang masih mengambil pinjaman ataupun yang telah lunas pinjamannya. Kemudian dilakukan triangulasi dengan menggunakan pola FGD dengan bendahara dan dengan internal BRI.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 37/17 Rac r
Uncontrolled Keywords: Briguna, Penurunan Jumlah Debitur, Blue Ocean Strategy
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
JUNIAR RACHMAN, 041424353033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, Dr.,M.siUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 22:57
Last Modified: 28 Sep 2017 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61953
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item