HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGASUH DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK WILAYAH SURABAYA TIMUR

NURIL LAILIL MURSYDAH, 131211131002 (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENGASUH DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK WILAYAH SURABAYA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 96-17 Mur h Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 96-17 Mur h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2019.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan pada anak yang memerlukan perhatian khusus. Fenomena pada era modernisasi di kota besar menunjukkan bahwa semakin banyak pengalihan peran pengasuh orang tua ke layananTPA, berdasarkan hal tersebut kejadian ISPA yang masih tinggi dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain kurangnya pengetahuan, sikap dan upaya pencegahan pengasuh tentang penyakit ISPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan anatara pengetahuan dan sikap pengasuh dengan upaya pencegahan penularan ISPA pada anak di TPA. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Terdapat 53 responden dalam penelitian ini. Variabel independen adalah pengetahuan dan sikap sedangkan variabel dependen adalah upaya pencegahan penularan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Penelitian ini menggunakan uji Spearmen rho Rank Test dengan signifikansi α = 0,05. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan upaya pencegahan penularan ISPA (p = 0,018, r = 0,762). Sikap terdapat hubungan yang signifikan dengan upaya pencegahan penularan ISPA (p = 0,009, r = 0,878). Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap memiliki hubungan yang signifikan dengan upaya pencegahan penularan ISPA. Pengasuh dapat berpartisipasi aktif dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang ISPA pada anak sehingga dapat mengoptimalkan sikap yang akan mempengaruhi peningkatan upaya pencegahan penularan ISPA di TPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.96/17 Mur h
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, upaya pencegahan, pengasuh, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
NURIL LAILIL MURSYDAH, 131211131002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorKristiawati, S.Kp., M.Kep. Sp.Kep.AnUNSPECIFIED
ContributorIqlima Dwi Kurnia, S.Kep, Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:33
Last Modified: 17 Dec 2017 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item